N Heni Mardaleni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
W A S P A D A

W A S P A D A

Tantangan Menulis Hari Ke-185

Waspada

Saat ini sudah memasuki musim hujan, di beberapa daerah sudah mulai turun hujan hampir setiap hari. Di Depok dua hari sekali turun hujan di sore sampai malam hari.

Kita wajib bersyukur atas turunnya hujan seijin Allah Swt, sehingga bisa mencegah terjadinya kekeringan yang akan merugikan masyarakat. Semoga Allah turunkan hujan yang bermanfaat untuk alam semesta.

Curah hujan dengan volume yang tinggi, secara umum menjadi pusat perhatian masyarakat dan pemerintah karena berdampak pada banjir di berbagai daerah. Hal-hal besar dan terlihat biasanya lebih mudah dikenali dan dengan segala kesigapan dimulailah upaya pencegahan dan penanganan banjir dimana-mana.

Namun karena focus pada hal besar, biasanya hal-hal kecil menjadi terlupakan. Saat musim hujan seperti ini sebaiknya masyarakat mulai meningkatkan sanitasi lingkungan dan memperhatikan tingkat higyenes diri sendiri dan keluarga.

Covid-19 belum berakhir, tentunya protocol kesehatan pencegahan penyebaran Covid dengan menggunakan masker, selalu menjaga jarak dan mencuci tangan tetap harus menjadi prioritas kesehatan keluarga dan masyarakat. Selain itu kita juga harus mewaspadai munculnya wabah yang berasal dari kurang bersihnya lingkungan sehingga lalat akan berkembang dengan baik.

Sementara kita tahu bahwa lalat bisa menjadi inang perantara dari bakteri Salmonella thyposa. Musim hujan akan menimbulkan banyaknya tumpukan sampah rumah tangga menjadi basah, lembab dan mudah dihinggapi bakteri pathogen dan dipindah tempatkan oleh lalat kedalam rumah dan bahan makanan yang terbuka.

Bagi yang memiliki anak-anak balita agar dijauhkan dari makanan jajanan yang tidak bisa dijamin kebersihannya. Demikian juga dengan ibu-ibu yang selalu sibuk di dapur menyiapkan hidangan untuk keluarga, jangan abai terhadap kebersihan sayuran yang akan dimasak. Selain penyakit typus bisa juga diare atau disentri jika lingkungan kotor.

Tidak kalah pentingnya adalah langkah 3 M yaitu menguras, menutup dan mengubur tempat yang memungkinkan terjadinya genangan air yang disukai oleh nyamuk Aides aegypti. Upaya pencegahan terhadap berjangkitnya wabah demam berdarah juga membutuhkan perhatian dari masyarakat secara umum.

Berhati-hati terhadap Covid-19 harus juga diikuti dengan sikap waspada terhadap wabah penyakit yang ditimbulkan pada masa perlaihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

Semoga masyarakat Indonesia dijauhkan dari marabahaya yang berasal dari wabah penyakit karena kita tidak tahu bagaimana virus dan bakteri itu bisa masuk ke dalam tubuh kita.

Mari tetap waspada

Depok, 17 Oktober 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post