Nicke Niatrise

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Speakin

Best Practice

Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris

Melalui Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Speaking.

Oleh: Nicke Niatrise, S.Pd

A. Perencanaan Best Practice:

Dalam pembelajaran di sekolah siswa diwajibkan untuk berliterasi. Untuk menumbuhkan rasa suka membaca kepada peserta didik, pendidik perlu mengajak siswa untuk membaca dialog dengan metode yang menarik. Dalam pembelajaran menggunakan discovery learning siswa dapat membaca dan membuat dialog dalam Bahasa Inggris sederhana yang dibuat dengan kreatifitas sendiri. Dengan melatih siswa untuk belajar berdialog dalam Bahasa Inggris diharapkan siswa semakin percaya diri dan semakin menambah kosakata baru.

Perencanaan yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran kali ini adalah sebagai berikut:

1. Landasan Dasar yaitu K.D 3.2 Memahami kata, frasa, dan kalimat sederhana yang berkaitan dengan meminta dan memberi saran dan rencana masa depan.

Keterampilan berbicara yaitu 4.2 Menyajikan kata, frasa, dan kalimat sederhana yang berkaitan dengan meminta dan memberi saran dan rencana masa depan.

2. Merancang kegiatan Bersama peserta didik.

3. Mengelompokkan peserta didik dalam kelompok kecil.

4. Memberikan video suggestion dan contoh dialog yang berbeda kepada setiap kelompok.

5. Memberikan waktu kepada peserta didik untuk membuat dialog pada Canva sesuai permasalahan yang diberikan setiap kelompok.

B. Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan pada awal bulan Oktober setelah peserta didik melaksanakan Penilaian Tengah Semester 1. Peserta didik mendapatkan materi tentang Asking and Giving Suggestion terlebih dahulu sebelum meminta siswa menyimak contoh dialog tentang Suggestion. Peserta didik sangat antusias saat menontn video tentang dialog suggetion sederhana Bahasa Inggris. Setelah menonton video Suggestion, peserta didik diminta mencari mana yang termasuk Asking Suggestion dan man yang termasuk Giving Suggestion. Ini bertujuan supaya peserta didik mudah memahami cerita dan memahami bagaimana cara membuat dialog sederhana. Mereka senang karena mereka bisa membuat dialog sendiri sesuai dengan kemapuan dan kreatifitas sendiri. Kemudian mereka mencoba menceritakan kembali dialog buatan mereka sendiri dalam Bahasa Inggris sederhana. Ketika mereka mempraktekkan di depan kelas, merekaakan saling mengoreksi kesalahan teman. Mereka akan selalu mengingat bahwa Coming together is a beginning; keeping together is progress, working together is success, jadi dengan bersatu adalah awal, menjaga untuk bersama adalah kemajuan, bekerja bersama adalah kesuksesan.

C. Visual hasil

Laporan peserta didik dituliskan dalam bentuk PNG (Canva). Karena ini dapat meningkatkan proses pembelajaran mereka dalam membuat dialog dan berbicara di depan kelas sebagai pengalaman yang mengasyikkan untuk mereka.

Berikut ini adalah dokumen hasil laporan peserta didik melakukan kegiatan bercerita tentang Short Story dengan kelompok mereka.

D. Tindak Lanjut

Kegiatan feedback yang dilakukan pendidik untuk mengapresiasi kegiatan setiap kelompok adalah sebagai berikut:

1. Guru memberikan saran kepada peserta didik yang masih belum percaya diri supaya terus meningkatkan percaya dirinya.

2. Guru memberikan motivasi supaya peserta didik yang belum banyak memiliki kosakata dapat terus mencoba dengan berlatih membuat dialog sederhana sesuai dengan kemampuan.

3. Guru memberikan tantangan untuk dapat langsung berdialog di depan kelas dan menjadi contoh di kelas lain.

4. Guru memanfaatkan Canva sebagai alat untuk berdiskusi dan saling bekerjasama dalam mengerjakan tugas.

5. Guru mengadakan ajang diskusi tentang nilai moral yang terkandung didalam dialog yang disampaikan siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post