Nicke Niatrise

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui Short Story

Strategi pembelajaran Bahasa Inggris melalui Short Story

Best Practice

Strategi pembelajaran Bahasa Inggris

melalui Short Story untuk meningkatkan percaya diri siswa dalam speaking

Oleh: Nicke Niatrise, S.Pd

A. Perencanaan Best Practice:

Dalam pembelajaran di sekolah siswa diwajibkan untuk berliterasi. Untuk menumbuhkan rasa suka membaca kepada peserta didik, pendidik perlu mengajak siswa untuk membaca Short Story dengan metode yang menarik. Dalam pembelajaran menggunakan discovery learning siswa dapat menceritakan kembali short story yang telah ditonton dan dibaca menggunakan Bahasa sendiri. Dengan melatih siswa untuk belajar bercerita dalam Bahasa Inggris diharapkan siswa semakin percaya diri dan semakin menambah kosakata baru.

Perencanaan yang dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran kali ini adalah sebagai berikut:

1. Landasan Dasar yaitu K.D 3.2 Memahami kata, frasa, dan kalimat sederhana yang berkaitan dengan Legend of Lake Toba

Keterampilan berbicara yaitu 4.2 Menyajikan kata, frasa, dan kalimat sederhana yang berkaitan dengan Legend of Lake Toba

2. Merancang kegiatan Bersama peserta didik.

3. Mengelompokkan peserta didik dalam kelompok kecil.

4. Memberikan video yang berbeda kepada setiap kelompok.

5. Memberikan waktu kepada peserta didik untuk menonton video tersebut.

B. Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan pada awal bulan Oktober setelah peserta didik melaksanakan Penilaian Tengah Semester 1. Peserta didik mendapatkan materi tentang Past Tense terlebih dahulu sebelum diminta menonton video Short Story. Peserta didik sangat antusias karena mereka bisa menonton video Short Story walaupun menggunakan Bahasa Inggris. Setelah menonton video Short Story, peserta didik diminta mencari arti dari beberapa kosakata yang sulit. Ini bertujuan supaya peserta didik mudah memahami cerita dan untuk menambah kosakata yang baru. Mereka senang karena mereka bisa saling membantu untuk memahami cerita tersebut secara bersama-sama. Kemudian mereka mencoba menceritakan kembali menggunakan bahasa mereka sendiri dalam Bahasa Inggris sederhana. Apabila ada siswa yang sedikit menguasai kosakata, mereka dapat bercerita menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sesuai porsi mereka. Apabila mereka masih tidak tahu artinya secara bergantian teman-temannya akan membantu mereka untuk mengingat kosakata dan cerita yang terlupa. Mereka akan selalu mengingat bahwa Just one small positive thought in the morning can change your whole day, jadi dengan satu pikiran positif yang mereka punya bahwa mereka BISA melakukannya dipagi hari, maka hari-hari mereka akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

C. Visual hasil

Hasil Karya Peserta Didik menggunakan google.doc dan presentasi di depan kelompok mereka

D. Tindak Lanjut

Kegiatan feedback yang dilakukan pendidik untuk mengapresiasi kegiatan setiap kelompok adalah sebagai berikut:

1. Guru memberikan saran kepada peserta didik yang masih belum percaya diri supaya terus meningkatkan percaya dirinya.

2. Guru memberikan motivasi supaya peserta didik yang belum banyak memiliki kosakata dapat terus mencoba dengan cerita yang lain dan berlatih di depan orang lain di rumah atau di sekolah.

3. Guru memberikan tantangan untuk dapat bercerita di depan kelas dan menjadi contoh di kelas lain.

4. Guru memanfaatkan google.doc sebagai alat untuk berdiskusi dan saling bekerjasama dalam mengerjakan tugas.

5. Guru mengadakan ajang diskusi tentang nilai moral yang terkandung didalam cerita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post