Niki

Mahasiswa stai haji agus salim...

Selengkapnya
Navigasi Web

Muhasabah

Bertemu pemabuk berat, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani menangis dan tersungkar

Suatu ketika, Sultonul Auliya' Syekh Abdul Qadir Al-Jailani bersama murid-muridnya berpapasan dengan seorang pemabuk yang teler berat. Walaupun dengan kondisi mabuk berat, si pemabuk itu memberikan 3 pertanyaan kepada Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Pertama : "Ya Syekh, apakah Allah Swt mampuh merubah pemabuk sepertiku menjadi ahli ta'at?

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani menjawab:

" Iya, mampuh."

Kedua: "Apakah Allah Swt mampuh merubah ahli ma'siat sepertiku menjadi ahli ta'at setingkat dirimu?"

"Sangat mampuh." jawab Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Ketiga: "Apakah Allah Swt mampuh merubah dirimu menjadi ahli ma'siat sepertiku?"

Tanpa menjawab pertanyaan tersebut, Syekh Abdul Qadir Al-Jailani menangis dan tersungkar dan bersujud kepada Allah Swt.

Murid-murid Syekh Abdul Qadir Al-Jailani kebingungan dan bertanya, "ada apa wahai Syekh?"

"Betul sekali orang ini. Kapan saja Allah Swt mampuh merubah nasib seseorang termasuk diriku. Siapa yang menjamin diriku bernasib baik menginggal dengan husnul khatimah," kata Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Sekelas Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang sangat mashur kewalianya saja begitu khawatir dengan dirinya dan tak pernah bangga dengan maqam kewaliannya, apalagi dengan kita yang belum ada apa-apanya, tak ada alasan untuk bangga diri dengan amal dan selalu berusaha utuk menjadi lebih baik sepanjang hayat.

Cerita ini sebagai renungan untukmu dan untuk ku, jangan pernah sekakipun kita merasa lebih baik dari orang lain, jangan pernah memandang rendah kpd org lain lantaran yg kau lihat hanya lahiriyahnya saja.

Krn Allah tidak memandang pakaian yg kau kenakan, tdk memandang rupa yg kau hias dgn hiasan dunia, tdk pula Allah memandang harta dan jabatanmu, akan tetapi Allah memandang kpd apa yg ada di dlm hati mu...

ان الله لا ينظر الى صواركم و اجسامكم، ولكن الله ينظر الى قلوبكم و اعمالكم

Sesungguhnya Allah tdk melihat rupa mu dan jasad lahiriyah mu, akan tetapi Allah melihat kpd hati mu dan amal perbuatan mu.

Jadikanlah nasehat ini sebagai bahan renungan untuk diri kita, marilah kita berusaha memperbaiki diri kita sendiri dan jangan sibuk mencari kesalahan/aib org lain...

#salam_perindu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post