Nikmah Rahmani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
'Ada Pesan, Hikmah Besar Dari Covid19'-3(HTHL)part-24tamat tantanganmenulisGuruSianahar
Berkah Dan Syukur

'Ada Pesan, Hikmah Besar Dari Covid19'-3(HTHL)part-24tamat tantanganmenulisGuruSianahar

Bismillahirahmanirrahiim

Masih ingat dengan kedua bagian pesan tulisanku sebelumnya ? baik aku beritahu yaitu tentang pesan dan hikmat yang akan ditinggalkan Covid-19 yang segera akan pergi, berlalu dan aku niat berbagi rasa dan berhusnuzdon ( berbaik sangka ) maka dengan itu kita bisa jadikan pelajaran dan perubahan agar kita sama - sama dapat membuat hidup kita bisa lebih baik lagi, dan meningkatkan keimanan sesuai syariat ajaran hukum Islam sebagai mahluk Alloh SWT yang paling sempurna.

Sungguh berbahagia bila kelak musibah wabah ini dapat berlalu dengan cepat sebelum Ramadhan tiba nanti. Dan berserah diri tetap berdoa yakin pada takdir-takdir bahwa Alloh tidak akan membebani sesorang atau kaumnya yang melainkan sesuai dengan kemampuan...( QS: Al Baqarah 286 )

Covid ditinggalkan dan segera pergi, tapi ambil hikmah besar dari cara ini yaitu pesan yang terasa amat sangat baik antara lain :

11. *Tingkatkan semangat kebersamaan, solidaritas, saling tolong. Jangan lagi semua dihitung berdasarkan kepentingan pribadi dan pamrih. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa kita tidak mampu mengurus diri sendiri seorang diri, kita butuh orang lain yang meski bukan saudara seperti dokter, dll. Kalau tidak ditolong orang, bisa mati mendadak di jalanan saat dihindari orang karena takut tertular.* Karena kita tidak dapat hidup sendiri, pasti skan membutuhkan pertolongan orang lain disekitar kita.

Allah Azza wa Jalla berfirman: ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya [al-Mâidah/5:2]

Read more at: https://almanhaj.or.id/2800-perintah-untuk-saling-menolong-dalam-mewujudkan-kebaikan-dan-ketakwaan.html

12. *Berimanlah, beragamalah dengan baik. Percayalah yakinilah pada hal hal Ghaib yang tak tampak mata, seperti adanya Tuhan, ada Malaikat dan ada Jin. Jangan lagi menantang Tuhan dengan mengatakan, bagaimana percaya pada Tuhan sedang kita tidak bisa melihat Tuhan.*

*Bukankah Covid-19 mendidik kita bahwa meski Virus Corona tidak tampak. tapi ada, buktinya, banyak yang terpapar oleh Covid-19 dan meninggal.* Sehingga manusia harus berpegang teguh pada ajaran agama yang dianutnya, khusus muslim bahwa Tuhan itu ada. Yaitu Alloh SWT Tuhan Semesta Alam ( QS : Al Fatihah : 2 )

Arab-Latin: Al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn Terjemah Arti: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Referensi: https://tafsirweb.com/46-quran-surat-al-fatihah-ayat-2.html

13. *Selalu mempersiapkan diri untuk kehidupan Akhirat dengan perbanyak kebaikan, meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah dan amal sholeh. Hidup di Dunia ini hanya sementara saja, sewaktu waktu bisa mati.*

*Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa kematian bisa datang menjemput secara tiba tiba dan di mana saja.* Yaitu banyak berbuat kebaikan untuk saling melengkapi amal ibadah seseorang. Barang siapa berbuat baik (ihsan) maka, Allah akan memberikan balasan baik pula, begitu firman-Nya:

هَلْ جَزَآءُ اْلإِحْسَانِ إِلاَّ اْلإِحْسَانِ {60}

Artinya: “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)” (Q.S. Ar-Rahman [55]: 60).

14. *Daya tahan tubuh akan kuat jika selalu berbaik sangka, sabar, syukur, ikhlas dan jujur.*

*Daya tahan tubuh akan melemah saat pikiran dikuasai dengki, fitnah, iri, hasut, ujaran kebencian dan cacian, seks bebas, seks sesama jenis, dan Narkoba.*

*Maka perkuatlah ketahanan tubuh dengan selalu berbaik sangka, husnudzon, ikhlas dan tawalkal. Jangan lagi ada iri, caci, dengki, ujar kebencian, fitnah dan kekerasan, Narkoba dan penyimpangan seksual.*

*Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa Virus Corona mudah menyerang mereka yang daya tahan tubuhnya lemah?* Islam melarang umatnya bersikap buruk sangka sebagaimana dalam Al-Qur`an surat Al-Hujurat ayat ke-12 :

يَأَيُّهَا اَّلذِيْنَ ءَامَنُوْا اجْتَنِبُوْا كَثِيْرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ

“ Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berburuk sangka ( kecurigaan ), karena sebagian dari berburuk sangka itu dosa”.

Ini sesuatu yang tidak mudah, namun bagi orang yang terbiasa berfikir positif semua bisa diusahakan, biidznillah! Dengan selalu bersu’uzhon(berburuk sangka) hati akan selalu gelisah, sebaliknya ketika mengedepankan prasangka baik kepada saudara kita, Insya Allah kita akan merasa bahagia dan banyak bersyukur pada Allah Ta’ala. Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/9336-jangan-bersedih-berbaik-sangkalah-kepada-saudara-anda.html

15. *Perkuat Silaturrahim. Jaga harmoni sesama makhluk. Jangan lagi merusak alam. Jangan ekspoilitasi kekayaan bumi secara berlebihan. Bukankah Covid-19 telah mendidik kita bahwa, adanya keseimbangan dan pengurangan polusi industri, asap mesin, keseimbangan semburan kimia beberapa minggu ini, telah membuat udara, awan dan alam ini lebih cerah dan bersih?* Dengan merawat dan menjaga kelestarian lingkungan kita sudah bersilaturahmi pada sesama mahluk hidup, tanaman dan hewan disekitar kita akan merasa aman dan nyaman tumbuh dengan subur untuk kebutuhan hidup manusia dan bukan membuat kerusakan sesuka hati tanpa memikirkan akibatnya. "Matahari tak pernah memilih siapa yang harus diberikan sinar. Mari kita coba teladani itu, pahamilah perbedaan dan hargai siapa pun dia.” dan "Sambunglah orang yang memutuskan (hubungan dengan)mu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu” (HR Ahmad)

Sungguh pelajaran yang luar biasa dari 15 pesanvyang ditinggalkan Virus Covid 19 yang segera berlalu sebelum Ramadhan tiba agar seluruh umat muslim di dunia dapat beribadah kepada sang Kholik dengan penuh kekhusyuan agar meningkatkan keimanan dirinya.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan dijauhkan dari segala musibah dan penyakit. Dan wabah Covid 19 cepat berlalu dari muka bumi ini atas izinMu Yaa Robbi..

Aamin Yaa Robbal'alaamiin

Salam Literasi

#berkahdansyukur

#pesandanhikmahbesardariCovid19

#mengikutianjuranQuranSunnah

#adabbersosialisasidenganmakhlukAlloh

#perubahandanmeningkatkandibalikmusibah

#tantanganGuruSiana

#tantanganmenulis90haridiGuruSianaharike-90

Jakarta, Senin 13/04/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setiap musibah yang diberikan akan ada hikmah dibaliknya. Semoga kita tetap dapat bersyukur dari setiap kejadian.

13 Apr
Balas

Terima kasih ilmunya. Salam literasi

13 Apr
Balas



search

New Post