NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
2.1.a.10.2.Jurnal  Refleksi  Minggu 10

2.1.a.10.2.Jurnal Refleksi Minggu 10

2.1.a.10.2.Jurnal Refleksi – Minggu 10

Oleh: Nikmatul Badriyah

Sabtu, 26 Februari 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

Salam dan Bahagia,

Tanpa terasa, Proses Perjalanan Pendidikan Guru Pengerak Angkatan 4 sudah mencapai minggu ke-10. Tentu saja, saya banyak belajar selama rentang waktu yang sudah saya lalui tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan jurnal refleksi minggu ke-10 yang saya susun menggunakan Teknik Six Thinking Hats ⟮ 6 Topi ⟯.Model ini diperkenalkan oleh Edward de Bono pada tahun 1985. Model ini melatih kita melihat satu topik dari berbagai sudut pandang, yang disimbolkan dengan enam warna topi. Setiap topi mewakili cara berpikir yang berbeda yang kerap kali beberapa di antaranya terkadang mendominasi cara berpikir kita. Oleh karena itu, dengan semakin sering melatih keenam “topi”tersebut, maka kita akan dapat mengambil refleksi secara lebih mendalam. Pemaparan dari keenam topi tersebut dalam jurnal refleksi adalah sebagai berikut:

Topi putih: Elaborasi Pemahaman bersama instruktur Reni Nurhapsari, S.Pd, M.Pd., Membuat media Koneksi Antar Materi, Berdiskusi tentang Materi Pembelajaran berdefiriensi, masuk ke modul 2 pada materi Mulai Dari Diri Modul 2.2

Topi merah: Saya merasa antusias mempelajari pembelajaran berdiferensiasi, dan bersemangat untuk mencoba menerapkannya di kelas yang saya ampu.

Topi kuning: Saya memperoleh pemahaman yang cukup tetang pembelajaran berdiferensiasi, dan pengalaman belajar secara kolaboratif.

Topi hitam: Pada awalnya saya terkendala dalam memetakan kebutuhan belajar murid, masing bingung akan menggunakan strategi diferensiasi mana yang akan ssya gunakan untuk diterapkan di kelas saya.

Topi hijau: Saya akan lebih sering mengamati murid, berdiskusi dengan rekan sejawat dan wali kelas. Saya memilih strategi diferensiasi sesuai pemetaan kebutuhan belajar murid.

Topi biru: Sebelum melanjutkan pembelajaran, saya harus memetakan kebutuhan belajar murid, kemudian memilih strategi diferensiasi yang sesuai.

Demikian uraian dari jurnal refleksi minggu ke-10 yang saya buat. Semoga bisa menjadikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Salam Guru Penggerak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post