NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-17 (Modul 3.1. )

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-17 (Modul 3.1. )

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-17 (Modul 3.1. )

Oleh: Nikmatul Badriyah

Sabtu, 16 April 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

Pada awal modul 3 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal Refleksi Minggu ke-17 ini membahas materi pada Modul 3.1. Pengambilan Keputusan sebagai peminpin pembelajaran. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya pakai adalah Model 7: Segitiga Refleksi.

1.Warna Hijau Muda

Setelah pembelajaran hari ini akhirnya saya memahami tentang:

a. Bagaimana suatu pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran diputuskan pada kasus-kasus dilema etika. Apa perbedaan antara ‘Dilema Etika’ dan ‘Bujukan Moral,’ serta paradigma apa saja yang terkandung dalam sebuah kasus dilema etika?

b. Prinsip-prinsip apa saja yang terkandung pada seseorang dalam mengambil suatu keputusan sebagai pemimpin pembelajaran?

c. Bagaimana kita bisa menganalisis efektifitas sebuah proses pengambilan keputusan yang telah diambil dan bagaimana kita menguji keputusan yang telah diambil.

2. Warna Biru Muda

Perasaan saya setelah mempelajari pembelajaran hari ini saya merasa:

a. Sangat bersyukur, bahagia dan semangat dalam mempelajari dan memahami modul 3.1.

b. Tersemangati untuk mempelajari materi pada Eksplorasi konsep mandiri, Eksplorasi konsep forum dis kusi, serta Ruang kolaborasi pengerjaan (vicon)

c.

d. Makin terbuka wawasan ketika bertemu dengan rekan CGP lain setelah mengikuti ruang kolaborasi 1dan 2 pada tanggal 13 dan 14 April 2022

e. Bersemangat untuk menerapkan 4 paradigma, 3 prinsip serta 9 tahapan dalam memutuskan sebuah dilema etika

3. Warna Kuning

Setelah mempelajari pembelajaran hari ini target saya berikutnya adalah :

Saya akan coba mengaplikasikan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan terhadap setiap kasus yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari khususnya di sekolah. langkah-langkah ini merupakan salah satu upaya yang diambil untuk menciptakan kondisi yang lebih kondusif dan ideal sebagai imbas dari pengambilan keputusan yang tepat. Bahkan kemungkinan/resiko yang muncul akibat dari ketidaktepatan keputusan pun dapat diminimalisir. Dalam pengambilan keputusan yang benar-benar tepat dapat diperoleh dari melibat-aktifkan seluruh warga sekolah khusus komunitas praktisi. Keputusan yang diambil dari melibatkan seluruh elemen di sekolah akan mampu mengakomodir seluruh kepentingan, harapan dan keinginan semua pihak. Selanjutnya saya akan coba mensosialisasikan pengetahuan dan pengalaman saya terkait materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran di instansi tempat saya bekerja sehingga semua pihak terlibat dapat bergerak bersinergis mengambil keputusan yang tepat yang memberikan kemanfaatan bagi semua pihak.

4. Warna Merah Muda

Pembelajaran yang saya dapatkan dari rangkaian kegiatan mulai hari pertama hingga hari terakhir adalah bahwa bahwa Saya harus mampu mengambil keputusan haruslah benar-benar teliti, cermat dan hati-hati. Pikiran focus tidak mengambil keputusan secara terburu-buru bahkan sudah dibuat keputusan pun harus tetap merefleksi kembali apakah keputusan yang kita ambil sudah benar-benar mewakili aspirasi seluruh pihak yang terlibat atau tidak. Cara yang saya ambil dalam mengambil keputusan adalah dengan 9 langkah pengujian pengambilan keputusan.

Salam Guru Penggerak!

Tergerak, Bergerak , dan Menggerakkan

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam Guru Penggerak, semangat..........

16 Apr
Balas

Mantap ulasannya keren

16 Apr
Balas

Ulasan yang sangat menarik dan luar biasa. Salam kenal dan salam literasi untuk Bunda Nikmatul Badriyah. Semoga sukses selalu.

16 Apr
Balas



search

New Post