NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-20 (Modul 3.2.)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-20 (Modul 3.2.)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-20 (Modul 3.2.)

Oleh: Nikmatul Badriyah, M.Pd.

Sabtu, 14 Mei 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke -1,sampai ke-19, pada minggu ke-20 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan pada minggu ke-20 ini adalah Model 4: (Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard) seperti pada gambar berikut ini:

Pada kegiatan mulai diri 3.2.a.3. ini, saya diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untukmengaktifkan ulang pengetahuan awal saya tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.serta mengingat kembali faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumberdaya.

Melalui kegiatan eksporesi konsep 3.2.a.4.,saya mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah, mengidentifikasi peran pemimpin dalam pengelolaan sumberdaya, memahami pengelolaan sumberdaya yang ada di sekolah dengan menggunakan Pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset- Aset Based Community Development/ ABCD), memahami potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolah serta mengevaluasi hasil pemetaan sumber daya sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran murid.

Pada sesi ruang kolaborasi-forum kelompok 3.2.a.5, saya diajak bekerjasama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok. Langkah pertama yaiitu memebentuk kelompok yang terdiri dari 3-4 anggota. Meskipun dalam kelompok kami terdiri dari guru dalam jejang pendidikan yang dama yaitu SD namun berasal dari daerah yang berdekatan( dalam wilayah 1 kota)Daerah ditentukan sesuai dengan kondisi lingkungan masing-masing CGP. Dari masing-masing sumber daya tersebut, setiap kelompok membuat identifiksi aset/ modal apa yang dimiliki oleh daerahnya. Kemudian setiap kelompok akan memberikan umpan balik/tanggapan untuk 3 video kelompok lain.

Mengisi jurnal refleksi mingguan minggu ke- 20 di LMS untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan pada minggu ini..

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

14 May
Balas

Alhamdulillah..trm ksh..semoga bermanfaat

14 May

Ulasan yang keren bunda

14 May
Balas



search

New Post