NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web
JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-22 (Modul 3.2.dan 3.3)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-22 (Modul 3.2.dan 3.3)

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE-22 (Modul 3.2.)

Oleh: Nikmatul Badriyah, M.Pd.

Sabtu, 28 Mei 2022

CGP Kabupaten Tulungagung-Angkatan 4

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan Pendidikan Guru Penggerak pada minggu ke -1,sampai ke-21, pada minggu ke-22 ini saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya gunakan pada minggu ke-22 ini adalah Model 4: (Papan cerita reflektif - Reflective Storyboard) seperti pada gambar berikut ini:

Kegiatan minggu ke-22 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) ini pada hari senin-selasa,tanggal 23-23 Mei 2022 diawali dengan Elaborasi pemahaman dengan isntruktur Bapak Robertus Saliman mengenai pemimpin dalam pengelolaan asset. Pendekatan berbasis aset (Asset-Based Thinking) adalah sebuah konsep yang dikembangkan oleh Dr. Kathryn Cramer, seorang ahli psikologi yang menekuni kekuatan berpikir positif untuk pengembangan diri. Setelah mengikuti kegiatan tersebut banyak hal yang baru yang saya pelajari dan beberapa hal yang menjadi pertanyaan mengenai materi modul tersebut.

Kegiatan di hari selanjutnya adalah koneksi antar materi dan kegiatan perancangan aksi nyata modul 3.2. dalam kegiatan ini saya mengaitkan materi pada modul ini dengan materi pada modul sebelumnya dan melakukan aksi nyata penerapan modul ini. Pertanyaan-pertanyaan yang sebelumnya muncul kembali terjawab dan muncul ide-ide baru dari hasil koneksi antarmateri dan kegiatan aksi nyata.

Di hari jumat, tanggal 27 Mei 2022 kegiatan di LMS dilanjutkan ke modul terakhir 3.3. yaitu pengelolaan program yang berdampak pada murid melalui aktivitas mulai dari diri dan eksplorasi konsep secara mandiri. Dari kegiatan ini saya memperoleh ilmu baru untuk menjadi pendidik untuk mewujudkan merdeka belajar bagi peserta didik. Monitoring dan evaluasi adalah suatu aktivitas yang sangat penting untuk mendukung tercapainya suatu tujuan dari proyek atau program yang dilakukan. Monitoring dan evaluasi, atau lebih mudah disingkat dengan M&E, perlu disinergikan dengan kegiatan atau program yang sedang berjalan dengan melakukan perencanaan, tindakan, dan refleksi.

Pada hari sabtu, tanggal 28 Mei 2022 Kami mengikuti lokakarya ke 5 di Barata Resto & Lounge. Kami membahas materi tentang Guru sebagai Pemimpin Pembelajaran serta melakukan refleksi.

Pada hari ini saya juga menulis jurnal refleksi minggu ke-22 untuk pembelajaran selama seminggu ini. Saya siap untuk terus belajar dan berusaha mengaplikasikan ilmu yang saya dapat dalam pembelajaran sehari-hari. Selain itu saya juga bersyukur masih bisa mengikuti setiap tahap dari Pendidikan guru penggerak (PGP) dengan lancar.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post