NIKMATUL BADRIYAH

Nama saya Nikmatul Badriyah.Saya sangat bersyukur kepada Alloh, almarhum kedua orangtua saya memberi nama tersebut, yang tentunya punya arti yang baik. Sat...

Selengkapnya
Navigasi Web

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA MODUL 1.4. (BUDAYA POSITIF)

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA

MODUL 1.4. (BUDAYA POSITIF)

PGP – Angkatan 4-Kab. Tulungagung

Nikmatul Badriyah, M.Pd

Guru SDN 2 Bendiljati Kulon

I.LATAR BELAKANG

Budaya positip adalah keyakinan dan nilai yang disepakati yang menjadi kebiasaan bersama yang akan dilakukan dalam waktu lama. Menerapkan budaya positif dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam membentuk karakter positif. Budaya positif dapat dibuat melalui kesepakatan antara guru dan siswa, agar siswa merasa terlibat dan bertanggungjawab dalam menjalanankan disiplin tersebut. Budaya Positif di Sekolah memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh guru dan murid, diantaranya:

1.Membangun hubungan kerjasama antara murid, gurudan orag tua

2.Menumbuhkan kesadaran dalam melakukan hal- hal yang baik

3.Murid terbiasa dengan pola hidup teratur

4.Menciptakan kepercayaan diri dan tanggung jawab

5.Membangun karakteristik siswa, mengembangkan kegotongroyongan dan kerjasama antara guru, murid dan orang tua

6.Menumbuh kembangkan motivasi instrinsik anak

7.Membangun hubungan social yang bagus antar warga sekolah

8.Menumbuhkan rasa aman dan nyaman

9.Menumbuhkan kesadaran dari diri murid terhadap budaya positif

Di era pandemi sepeti sekarang ini, kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang sangat urgent karena untuk memastikan anak-anak didik kita tidak tertular penyakit yang diakibatkan oleh virus corona. Murid-murid juga harus diberikan wawasan untuk menjaga kebersihan diri baik dirumahnya sendiri maupun lingkungan sekolah agar kondisi fisik dan mentalnya tetap terjaga dengan baik. Kebersihan lingkungan kelas dan sekolah adalah bagian dari kesepakatan kelas, dimana hal tersebut adalah budaya positip yang harus dijalankan dan selalu ditingkatkan. Aksi nyata-budaya positip yang dilakukan oleh calon guru penggerak adalah Kebersihan tempat tinggal dan lingkungan sekolah karena proses kegiatan pembelajaran dan penilaian akhir semesterb I ( PAS I) telah selesai sehingga calon guru penggerak melakukan aksi nyata yang sudah dilakukan disepakai oleh murid dan guru beserta seluruh warga sekolah.

II.TUJUAN AKSI NYATA

Adapaun tujuan aksi nyata yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:

1. Kebersihan lingkungan adalah bagian dari kesepakatan kelas yang wajib dijalankan dan diterapkan oleh murid dan guru

2. Melatih kedisiplinan dan tanggung jawab siswa untuk senantiasa melakukan budaya positip yaitu kebersihan lingkungan

3. Agar murid, guru, dan seluruh warga sekolah mencintai lingkungan yang bersih dan indah

sehingga menimbulkan suasana sekolah yang menyenangkan dan sehat

4. Agar menimbulkan semangat belajar murid dan terbiasa pola hidup bersih

III.DESKRIPSI AKSI NYATA

Disini saya sebagai Calon guru penggerak( CGP) melihat situasi dan kondisi keadaan sekolah saat ini masih kondisi pandemi dan jadwal aksi nyata modul 1.4 bertepatan dengan berakhirnya pembelajaran di semester I sehingga kesepakatan kelas yang dilaksakan menggunakan metode tatap muka sebagian dan via Wa grup kelas, kemudian calon guru penggerak mengambil satu poin kesepakatan yang dapat dilakukan saat ini adalah kebersihan lingkungan kelas dan sekolah melalui analisis Inkuiry apresiatif model bagja. Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

1. Meminta izin dengan kepala sekolah

2. Berkomunikasi dengan murid untuk hadir kesekolah berdasarkan jadwal piket kelas dan melakukan kegiatan kebersihan kelas

3. Bekerjasama dengan seluruh warga sekolah untuk kebersihan lingkungan sekolah

IV.TOLOK UKUR KEBERHASILAN:

1. Murid selalu menjalankan kesepakatan kelas (piket kelas) setiap minggunya seminggu 1 kali sesuai jadwal yang ditetapkan dan setiap hari jumat melaksanakan jumat bersih secara bersamayang dilaksanakan olen seluruh warga sekolah.

2. Lingkungan kelas dan lingkungan sekolah terasa nyaman, serta tampak bersih dan rapi

3. Terjalin komunikasi aktif dan efektif antara guru, murid, seluruh warga sekolah

V.LINIMASA TINDAKAN YANG AKAN DILAKUKAN

Adapun linimasa tindakan yang akan saya lakukan untuk mewujudkan aksi nyata ini adalah sebagai berikut.

Meminta ijin dan dukungan dari kepala sekolah dan teman sejawat Membuat keyakinan kelas.

· Mengkoordinir dan mengawasi murid dalam menjalankan poin kesepakatan kelas yaitu kebersihan kelas

· Kegiatan kebersihan di lingkungan sekolah bersama seluruh warga sekolah

· Pemberian Tugas pada murid mengirimkan pembiasaan kebersihan di rumahsecara daring

Membuat dokumentasi. Menyusun laporan.

VI.DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Untuk melancarkan pelaksanaan rancangan tindakan untuk aksi nyata yang telah penulis susun tentunya penulis memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Adapun dukungan yang penulis perlukan yaitu; dukungan dan izin kepala sekolah, keterlibatan siswa, dan juga dukungan dari orang tua siswa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih Bunda sudah berbagi pengalamannya di sini. Salam literasi.

19 Oct
Balas

Terimakasih Bunda sudah berbagi pengalamannya di sini. Salam literasi.

19 Oct
Balas

Terimakasih Bunda sudah berbagi pengalamannya di sini. Salam literasi.

19 Oct
Balas

Terimakasih Bunda sudah berbagi pengalamannya di sini. Salam literasi.

19 Oct
Balas

Mantap bu

20 Dec
Balas

Trm kasih Bu Lika..msh proses belajar ini..

21 Dec



search

New Post