nikmatul khoiroh

Guru TIK yang diberi amanah tugas tambahan Kepala Sekolah di SMPN 3 Puger, Kab. Jember. Bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Guru biasa yang masih dan akan teru...

Selengkapnya
Navigasi Web
5 Kebutuhan Dasar Manusia

5 Kebutuhan Dasar Manusia

5 kebutuhan dasar manusia

Ada 5 kebutuhan dasar manusia, yang harus dipenuhi agar bisa tetap melanjutkan hidup dan kehidupan, atau terkadang saya menuliskan dengan 'menjaga kewarasan'. Kebutuhan itu antara lain;

1. survival, contohnya seperti makanan, minuman, tempat berlindung dan sebagainya.

Kebutuhan seperti makan minum, sekedarnya saja untuk bertahan hidup. Tidak perlu berlebihan dengan istilah "makan untuk hidup", bukan sebaliknya "hidup untuk makan".

Kebutuhan tempat berlindung (rumah), selama tidak kepanasan, tidak kehujanan kita sudah bisa menganggap baiti jannati. Tidak perlu juga harus ngoyo membuat rumah tingkat 5 sementara tidak ada biaya hehehe 😀

2. Love and belonging

Kebutuhan ini erat hubungannya dengan orang lain misalnya teman, keluarga, pasangan, rekan kerja dan yang lain.

Kebutuhan ini bisa terpenuhi dengan ketulusan dan kehangatan hubungan.

Pada kondisi kebutuhan untuk diterima, ini yang menyesakkan dada. Pernah pada posisi, dianggap sebelah mata, diperhatikan ketika dibutuhkan saja.

3. Kekuasaan dan penguasaan.

Tidak bisa kita pungkiri, terkadang kita membutuhkan pengakuan, keinginan berpengaruh dan sebagainya. Kebutuhan pengakuan atas kemampuan.

Namun, ketika kita sudah selesai dengan diri sendiri, terkadang kita tidak membutuhkan ini. Kita sudah merasa bahagia, apabila bisa membantu orang lain bahagia. Bahkan terkadang tidak perlu membutuhkan pengakuan bahwa kamu juga rindu, bahwa kamu cinta karena hati telah bicara hhehee 😀

4. Kebebasan (freedom)

Kebutuhan ini sebenarnya lebih pada "me time". Kita punya waktu untuk sekedar memanjakan diri bisa dengan liburan atau hanya sekedar tiduran untuk menghilangkan penat karena kesibukan rutinitas yang seolah tiada henti.

5. Kesenangan (fun)

Kita bisa mewujudkan sesuai dengan hobi kita, misalnya kita menyanyi sekedar 'menjaga kewarasan', menulis status untuk mencurahkan keruwetan yang ada di kepala biar terurai dan kita merasa plong dan bahagia. Termasuk juga mencintaimu, menyayangimu ini suatu kesenangan dan kebahagiaan, maka akan kulakukan dan kuperjuangkan 😀😂😍.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post