nikmatul khoiroh

Guru TIK yang diberi amanah tugas tambahan Kepala Sekolah di SMPN 3 Puger, Kab. Jember. Bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa. Guru biasa yang masih dan akan teru...

Selengkapnya
Navigasi Web
Banjir Ilmu, Hadiah dari Sang Guru

Banjir Ilmu, Hadiah dari Sang Guru

Banjir Ilmu, Hadiah dari sang Guru

Oleh: Ni’matul Khoiroh

Orang yang mencintai akan selalu mengusahakan datang kepada yang dicintai dengan kondisi bagaimanapun dan cara apa pun. Termasuk bagi pencinta ilmu, dia selalu rindu ingin bertemu dengan buku dan berjumpa dengan para guru. Ibaratnya jika tidak punya uang sekalipun, akan berusaha keras mendatangi majelis ilmu dengan merangkak, berjalan atau berlari, hehee. 

Pelatihan Swasunting dan Editing Naskah yang digelar oleh IPP Jatim dan MediaGuru merupakan candu bagi pencinta ilmu. Dari berbagai pelosok desa, sampai kota dengan semangat membara datang ke kota Pahlawan. Pelatihan ini bertempat di BBPMP Jatim, Ketintang Madya Surabaya pada 16-17 September 2023. 

Kami 8 orang peserta rombongan dari Jember berangkat hari Jumat, 15 September pukul 16.38 WIB dari Stasiun Jember. Ini bukan pelatihan perdana bagi saya dan teman-teman Jember. Setiap ada pelatihan MediaGuru baik luring atau daring, kami mencoba ikut serta tholabul ilmi, memantaskan diri untuk terus belajar. Pelatihan kali ini sangat luar biasa. Seumur hidup baru kali ini menjadi peserta pelatihan, dijemput oleh Narasumber tengah malam di stasiun Gubeng Surabaya. Lha gak kebalik ta? biasanya malah Narsum yang dijemput oleh panitia atau peserta. Sungguh luar biasa. Inilah keistimewaan pelatihan di Media Guru Indonesia. Kami semua sudah seperti saudara, keluarga sendiri. Narasumber begitu dekat dan perhatian pada semua peserta.

Pertemuan dengan teman-teman dari berbagai daerah membuat kami sangat bahagia dan terharu. Bertemu Bu Robingah Kendal, Ustazah Sherly Banyumas, Mbak Nopiranti Sukabumi, Bu Nurhayati Batam, Pak Nurul Madura dan masih banyak teman-teman penulis lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. 

Kami saling berpelukan, bertanya kabar dan tidak lupa mengabadikan momen dengan foto bersama sebagai investasi kenangan. Biasanya kita hanya bisa ngobrol melalui dunia maya, tetapi sekarang bisa ngobrol santai melalui dunia nyata.

Bukan hanya itu, pelatihan yang kita rasakan begitu membekas di hati. Tidak ada rasa tegang, canggung, takut salah selama dalam pelatihan. Suasana begitu fresh, dan mengasyikkan terutama ketika Mas Pemred Eko Prasetyo melakukan review naskah peserta satu persatu. Tidak ada tekanan batin bagi peserta, yang ada malah gelak tawa bahagia. Kita menjadi tahu kesalahan naskah yang kita tulis.

Teman-teman membawa makanan khas daerah masing-masing seperti kerupuk upil lengkap dengan petisnya, keripik singkong presto, tahu bakso dan sebagainya. Ada kejutan juga dari Om Roy, membawakan Kopi Kofind lengkap dengan dua orang Barista yang ganteng. Peserta bisa ngedit naskah sambil menyeruput kopi. Kami bisa mengetahui bagaimana membuat kopi yang enak dengan melihat demonstrasi dua orang Barista ganteng itu. 

Kami mendapatkan banyak ilmu di sini, juga mendapatkan kaos jelajah literasi dan buku gratis lengkap dengan tanda tangan penulisnya. Buku kamus “Satu Kata Mediaguru (Pedoman Seiya Sekata dalam Penulisan)” karya Mas Pemred Eko Prasetyo dan Buku dari Penasehat IPP Jatim Mami Mislinatul Sakdiyah berjudul “Dear Penulis (Surat Curhat sang Editor)”. Semua terasa sangat istimewa di hati dan tak sabar untuk mengulang kembali.

 

Profil Penulis

Ni’matul Khoiroh, lahir 19 Juli 1981. Gelar kesarjanaanya diperoleh dari Universitas Negeri Surabaya, jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Komunikasi pada tahun 2004. Dalam perguruan tinggi yang sama dia juga telah menyelesaikan S2 dengan konsentrasi Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK) pada tahun 2017. Pada tahun 2021 kembali kuliah di Universitas PGRI Argopura Jember, mengambil jurusan Teknologi Pembelajaran (TEP). Sekarang ini mengabdikan diri sebagai kepala SMPN 3 Puger, Kab. Jember.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

21 Sep
Balas

makasih Bunsay

21 Sep

makasih Bunsay

21 Sep

Wah, sy belum disebut...hehe... Makasih ada foto sy di situ Bunda Nikmatul

21 Sep
Balas

tulisannya bagus sekali Bu Nik

21 Sep

Inggih makasih banyak Bunda, iya bunda, nanti kita edit disebut semua hehehe

21 Sep

mantap bu Nik ...

22 Sep
Balas

Makasih Bunsay

23 Sep



search

New Post