Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bekerja atau Liburan?

Bekerja atau Liburan?

Hari kedua libur untuk anak-anak sekolah. Ya, yang libur memang hanya mereka saja. Bagaimana dengan gurunya? Perasaan gembira dengan datangnya libur memang hanya tinggal kenangan. Jika biasanya ada slogan, siswa libur guru libur, maka slogan tersebut, kini tak lagi berlaku. Slogannya berganti dngan siswa libur, guru kerja. Aku tak mengingat lagi sejak kapan, para guru tak mendapatkan libur yang sama dengan para siswa. Sepertinya sejak diberlakukan absen digital yang bernama K-Mob dari dinas provinsi Jawa Barat.

Untuk libur saat ini, kami bahkan tak diizinkan mengajukan Work From Home (WFH) yang biasanya dijadikan solusi jika mau liburan setitik bersama keluarga. Bapak Kepala Sekolah bahkan membagikan sebuah broadcast yang berasal dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang berbunyi “Jika ASN wajib masuk kantor dengan kegiatan persiapan tahun ajaran baru karena mendapatkan tunjangan. Apabila tidak silakan mengajukan Cuti sebagai hak ASN, yang nanti berdampak pada tunjangan.”

Jika mencermati pemberitahuan yang dibagikan tersebut, maka para ASN dilarang untuk mengajukan WFH, apalagi tidak masuk kantor jika tunjangannya tetap mau cair. Wow!

Sepertinya harus pasrah untuk tetap ngantor karena jika mengajukan cuti tahunan, tanggalnya tidak refresentatif. Menurut informasi dari Bapak KS, jika mengajukan cuti di akhir bulan, maka tunjangan akan terpotong selama dua bulan. Hmmm... rugi lah besties. Ngambil cuti hanya seminggu tapi tunjangan dipotong dua bulan!

Ah, rindu sekali dengan libur-libur yang biasa aku nikmati, bareng dengan libur siswa. Tak harus ke sekolah untuk ngantor dan absen setiap hari. Cukup datang ke sekolah sesuai jadwal piket yang diberlakukan oleh Kurikulum. Jadi, paling banyak hanya dua hari ngantor dalam satu minggu.

Ah, daripada mengeluh dengan situasi rumit yang mengharuskan tetap ngantor walaupun musim liburan, aku akan memilih untuk bersyukur. Aku mensyukuri segala nikmat dan kesempatan yang Allah berikan untuk menjadi ASN sejak 11 tahun yang lalu. Ada jutaan orang yang memimpikan posisiku, ada jutaan orang yang berharap menjadi ASN guru bahasa Inggris. Aku memilih untuk menikmatinya. Maka dengan segala kerendahan hati dan keikhlasan, aku akan mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk tetap bekerja. Yaa, sisi positifnya adalah pekerjaan yang harus kami lakukan tidak terlalu berat karena tidak sambil mengajar para siswa. Selamat liburan dan bekerja para guru....

***RN***

#HariKeduaLibur

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali bund, diambil positifnya saja. Terima kasih sudah mampir. Salam literasi

28 Jun
Balas

Berpikir positif Bunda. Libur itu banyak jenisnya. Ada libur karena siswa sedang tidak berada di kelas, ada libur guru di rumah mempersiapkan perangkatnya di rumah. Kalau tenaga struktural ya jelas berada di tempat dalam persiapan PPDB.

28 Jun
Balas



search

New Post