Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Durasi Puasa di Belahan Bumi

Durasi Puasa di Belahan Bumi

Alhamdulillah, sudah hari kelima Ramadan. Gimana puasanya moms? Mudah-mudahan selalu diberi kesehatan dan kelancaran setiap harinya ya, hingga lebaran nanti. Masih lama sih, hehe. Masak apa moms hari ini? Kalau saya, hari ini tidak akan masak. Sudah diniatkan mau pesan dari catering langganan. Khusus hari ini, Ahad 26 Maret 2023, saya tidak akan buka dapur. Mau istirahat, menyiapkan tenaga, dan juga mental karena besok harus kembali lagi beraktivitas seperti biasa. Anak:anak sudah kembali sekolah, suami sudah kembali ngantor, dan saya sudah kembali mengajar. Jadi harus benar-benar disiapkan setelah beberapa hari mendapatkan libur.

Moms, tahu nggak? Tiap negara memiliki durasi puasa yang berbeda:beda lho, tergantung dari durasi atau panjangnya siang dan malam negara tersebut. Hal tersebut berkaitan dengan pengertian puasa. Menurut bahasa puasa berarti “menahan diri”. Sedangkan menurut syara’ ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkanya dari mula terbit fajar hingga terbenam matahari, karena perintah Allah semata: mata, serta disertai niat dan syarat-syarat tertentu. Jadi kata kuncinya adalah terbit fajar dan terbenam matahari.

Seperti kita ketahui, waktu fajar dan terbenamnya matahari di setiap wilayah memiliki waktu yang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh gerak rotasi dan revolusi bumi. Rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya. Bumi berotasi dengan kemiringan 23,5 derajat terhadap bidang orbit (www.idntimes.com). Nah, gerakan inilah yang mempengaruhi terjadinya siang dan malam. Jadi, ketika salah satu sisi bumi terkena paparan cahaya matahari, maka daerah tersebut akan mengalami siang hari. Sebaliknya, bagian di belakangnya akan mengalami malam hari. Berbeda dengan revolusi bumi. Revolusi bumi merupakan gerakan bumi mengelilingi matahari. Sambil berevolusi, bumi tetap berotasi dengan sumbu kemiringannya. Itu secara singkatnya ya moms.

Bagaimana dengan kita yang berada di Indonesia? Moms, muslim yang ada di Indonesia akan berpuasa kurang lebih 13 jam per hari. Durasi tersebut tentu saja lebih pendek dari muslim yang menjalankan puasa di negara tetangga seperti Singapore, yaitu 14 jam. Bagaimana dengan negara lain? Adakah durasinya yang lebih pendek atau lebih panjang dari Indonesia? Yuk, kita intip hasil ngabubuRead dan penulusuran saya melalui beberapa sumber di internet.

Negara mana saja ya, yang memiliki durasi terpendek untuk berpuasa. Yuk, kita langsung cek saja. Here they are:

Dikutip dari https://travel.wego.com/, negara-negara seperti Johannesburg, Afrika Selatan; Buenos Aires, Argentina; Cape Town, Afrika Selatan; Christchurch, Selandia Baru; Ciudad del Este, Paraguay; Montevideo, Uruguay; dan Canberra, Australia memiliki durasi berpuasa selama 12 hingga 13 jam sedangkan Brasilia, Brazil dan Harare, Zimbabwe memiliki durasi berpuasa selama 12 hingga 13 jam.

Selanjutnya, inilah negara-negara yang memiliki durasi terpanjang ketika berpuasa. Negaranya yaitu:

1. Reykjavic, Islandia

Muslim yang melaksanakan puasa di ibu kota Islandia ini harus kuat, sabar, dan ikhlas dalam menjalankan puasa karena durasinya mencapai 19 hingga 20 jam. Wow, durasinya panjang ya moms. Berbeda 6 hingga 7 jam dari negara kita.

2. Warsawa, Polandia

Muslim yang menjalankan puasa di ibu kota negara Polandia ini, harus menjalani hari:hari puasa di bulan Ramadan dengan durasi 16 hingga 17 jam.

3. London, Inggris

Muslim yang berada di kota London harus berpuasa selama 16 hingga 17 jam.

4. Paris, Prancis

Muslim yang menjalankan puasa di kota Paris, Perancis harus bertahan untuk tidak makan dan minum selama 16 hingga 17 jam.

5. Ottawa, Kanada

Muslim yang berada di negara Kanada harus berpuasa selama 15 hingga 16 jam. Tidak terlalu beda jauh dengan durasi di Indonesia ya, moms.

Selain lima kota di lima negara di atas, terdapat pula kota:kota lain seperti Lisbon (Portugal), Athena (Yunani), Beijing (China), Washington DC (AS), Pyongyang (Korea Utara), dan Ankara (Turki) yang juga memiliki durasi puasa selama 15 hingga 16 jam.

Nah, setelah kita mengetahui durasi berpuasa di negara-negara lain, ternyata berpuasa di Indonesia tidak selama di negara Islandia ya, yang hampir sehari semalam. Kebayang deh laparnya. Makanan yang dikonsumsi ketika sahur dan berbuka harus benar-benar diatur dan dijaga nutrisinya agar tubuh tetap fit ketika berpuasa. Alhamdulilllah ya moms, durasi berpuasa di Indonesia mah ada di tengah-tengah. Tidak pendek, tidak juga terlalu panjang. Have a great fasting, moms….

***RN***

#RamadanDay5

Referensi:

https://repository.uin:suska.ac.id/7228/4/BAB%20III.pdf

https://www.idntimes.com/science/experiment/izza:namira:1/alasan:waktu:lamanya:puasa:berbeda:di:tiap:negara?page=all

https://travel.wego.com/berita/bepergian-ke-luar-negeri-saat-puasa-cek-perbedaan-durasinya/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Think globally, act locally ya Pak. Terima kasih berkenan membaca... Salam literasi

26 Mar
Balas

Benar bu..... Membelajarkan tentang perbedaan lama waktu berpuasa di masing-masing negara dapat menambah wawasan yg lebih luas kepada anak didik kita. Itulah yang dinamakan befwawasan global. Ijin follow, ibu.Salam lierasi dari Madura.

26 Mar
Balas



search

New Post