Nina Nursuhaniah

Mother, teacher, books lover, moviegoer, and traveller wanna be.... ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ramadan Kelima, Kita Bertasbih!

Ramadan Kelima, Kita Bertasbih!

Bismillahirrahmaanirrohim. Kuawali hari kelima Ramadan dengan ucapan basmallah. Semoga aktivitas aku, keluargaku, teman-temanku, murid-muridku, dan yang membaca tulisanku berjalan lancar, diberikan keberkahan, dan diberikan kesehatan dalam menjalankan puasa. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua, aamiin. Hari ini, sekolahku SMAN 1 Mande Cianjur akan melaksanakan pembukaan kegiatan penumbuhan budi pekerti yang bertajuk SmartTren 1444 H. Apa sih SmartTren?

Di dalam buku panduan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat menyatakan jika SmartTren merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa SMA, SMK DAN SLB serta menumbuhkan sikap serta nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah. Mengapa SmartTren dilaksanakan? SmartTren dilaksanakan dlam rangka penumbuhan budi pekerti yang bertujuan, sebagai berikut:

1. Menumbuhkan nilai-nilai luhur kepesantrenan dan penguatan pendidikan karakter siswa SMA, SMK dan SLB

2. Menambah dan memperluas wawasan pengetahuan siswa SMA, SMK dan SLB dalam ibadah.

3. Meningkatkan amaliah di bulan Ramadan yang dilaksanakan secara terencana sesuai situasi, kondisi, dan potensi masing-masing satuan pendidikan.

4. Menerapkan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari berupa bimbingan, arahan, pelatihan, pembiasaan yang dilakukan secara bersama-sama dan berkesinambungan antara pihak sekolah dan orang tua.

Selain empat tujuan di atas, SmartTren yang dilaksananakan mempunyai fungsi sebagai:

1. Sarana pembinaan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia siswa.

2. Sarana menumbuhkan nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah.

3. Sarana pembinaan keislaman dengan menerapkan dan melaksanakan pengetahuan, nilai-nilai, dan pengamalan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat membentuk sikap dan perilaku yang Islami.

Oh, iya program-program dari SmartTren tak kalah keren jika dibandingkan dengan tujuan dan fungsi diadakannya SmartTren Millenial Ramadan. Program-program SmartTren di sekolah kami merupakan hasil adaptasi dan modifikasi dari program yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Prov Jabar. Program tersebut disesuaikan dengan atmosfir sekolah. Program yang akan luncurkan yaitu sebagai berikut:

1. KIDS (Kajian Islam di Sekolah), peserta didik akan mendapatkan materi dari narasumber guru-guru PAI dan guru lain yang berkompeten.

2. TRENDI (Training Dakwah Islam), peserta didik akan diaudisi dan dinilai ketika mereka bertausiah sehingga ada tiga juara terbaik.

3. NGOPI (Ngobrol Pendidikan Islam), peserta didik akan menyimak

4. IMAM (Infak Massal Aktualisasi Masagi)

5. AMS (Ajengan Masuk Sekolah)

Dari kelima program tersebut MasyaAllah, SmartTren memang istimewa. Tak salah jika SmartTren 1444 H bertema Bertasbih, Berbagi Cinta, Berkah, dan Kasih. Sedangkan tema untuk sekolahku yaitu GRANDE (Gempita Ramadan Siswa SMAN 1 Mande). Semoga SmartTren tahun 2023 bisa diikuti dengan lebih semangat agar mendapatkan banyak manfaat dan ilmu. Selamat menjemput ilmu bagi peserta didik SMA/SMK/SLB di Jawa Barat. Selamat melaksanakan Sumatif Tengah Semester (STS) bagi putriku yang kelas V SD. Selamat bekerja mencari nafkah bagi suamiku yang akan Dinas Luar ke Tasik. Semoga diberikan kelancaran dalam segala urusannya, aamiin. Allahumma yassir wala tu'assir robbi tammim bil khoir.

***RN***

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

barakalah, salam persaudaraan ti sman 1 padalarang

06 Apr
Balas



search

New Post