Nina Retnaningtyas

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Sinopsis

Judul : The Power of Ice Breaking

Penulis : Nina Retnaningtyas, M.Pd.

Sinopsis :

Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya penidikan selalu bermuara pada faktor guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa eksisnya peran guru dalam dunia pendidikan.

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa dan meningkatkan kualitas mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satunya ialah dengan memulai dan mengakhiri mengajar tepat pada waktunya. Dengan demikian, kesempatan belajar siswa makin banyak dan optimal serta guru menunjukkan keseriusan saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Semakin banyak siswa terlibat aktif dalam belajar, semakin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya.

Kondisi belajar- mengajar yang efektif adalah adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar. Minat merupakan suatu sifat yang relatif menetap pada diri seseorang. Minat ini besar sekali pengaruhnya terhadap belajar sebab dengan minat seseorang akan melakukan sesuatu yang diminatinya. Untuk menarik minat belajar siswa, guru berusaha menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, maupun model pembelajaran. Hal ini harus dilakukan karena tugas guru adalah membangkitkan motivasi siswa agar ia mau belajar. Motivasi dapat timbul dari dalam diri siswa dan dapat pula timbul akibat pengaruh dari luar.

Untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, ada banyak cara yang dapat dilakukan guru. Salah satunya ialah ice breaking. Apa itu ice breaking? Ice breaking adalah kegiatan yang biasanya berupa permainan (game), untuk memecahkan kebekuan dalam sebuah pertemuan, dalam hal ini proses pembelajaran.

Ice breaking diperlukan jika guru merasa kesulitan untuk menarik perhatian siswa-siswanya. Oleh karena itu, dalam buku ini disajikan contoh-contoh ice breaking yang lengkap dan dilengkapi gambar serta panduan atau cara melakukannya. Buku ini dapat menjadi alternatif bagi para guru yang ingin menyajikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post