Nina rosita

Kelahiran Bandar Lampung, 1994. Sekarang sedang mengabdi sebagai Guru Lampung Mengajar di Kabupaten Mesuji Lampung dan sekarang sedang di SMKN 1 Sragi Lampung S...

Selengkapnya
Navigasi Web

Penilaian itu Penting untuk Keaktifan Siswa!

Penilaian itu Penting untuk Keaktifan Siswa!

Jika kamu melakukan sesuatu lalu diapresiasi oleh orang lain, kamu senang tidak? Yah, tentu senang kan...

Begitu juga bagi siswa. Kenapa ku bilang penilaian itu penting, karena itu smua dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar dan mengikuti pembelajaran.

Pengalaman ku mengajar memang belum seberapa, setahun saja belum. Tapi aku bnyak brlajar dr apa yg dikeluhkan siswa. Masalah penilaian misalnya.

"Bu... Saya jd smangat belajar loh dan ngerjain tugas karena diberi nilai...."

"Bu... Baru kali ini loh dibuku saya ada nilai nya... Nilai 100 pula, aku jd seneng liat bukunya."

Ternyata metode penilaian langsung setiap tugas baik berbentuk tugas di kelas atau PR dibuku mereka dan di buku catatan nilai guru sangat efektif untuk menumbuhkan rasa semangat siswa mengikuti peljaran kita.

Ada rasa bangga tersendiri terhadap diri mereka ketika mereka mendapatkan nilai hasil usaha mereka.

Bayangkan jika dibuku mereka tak ada koreksian dan nilai di setiap tugas yg mereka kerjakan? Pasti siswa bilang, "tugas lagi bu, dinilai juga nggak, maleslah bu".

Jangan sampai siswa bilang begitu, karena jika iya berarti kita gagal dalam pembelajaran.

Nina, 22/11/2017.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Setuju........

28 Nov
Balas



search

New Post