ninik nikmah

Seorang perempuan biasa bekerja di SMK dan MA yang masih selalu berproses dan belajar menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pandemi Covid-19 Tumbuhkan Semangat Kerjasama

Pandemi Covid-19 Tumbuhkan Semangat Kerjasama

Oleh Mar'atun Ni'mah

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Pepatah itu seolah melekat dalam diri masyarakat di Indonesia. Masyarakat yang terbiasa bekerjasama, bahu-membahu dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Masyarakat yang terbiasa bergotong-royong dalam melakukan berbagai kegiatan. Pelaksaan ronda/jaga malam, kerja bakti, bahkan membantu sesama yang sedang kesusahan menjadi beberapa contoh nyata pelaksanaan gotong royong pada masyarakat.

Sayangnya, beberapa kegiatan kerjasama atau gotong royong tersebut harus dibatasi sementara waktu. Meski sulit, masyarakat mau tidak mau harus menelan pahitnya dampak pandemi covid 19. Sementara waktu, masyarakat tidak diperbolehkan dengan banyak orang, seperti berkumpul dengan tetangga, teman karib hingga saudara jauh di luar kota. Apalagi, berkumpul bersama masyarakat bergotong royong seperti biasanya.

Meskipun demikian, kebiasaan gotong royong pada kenyataannya tetap bisa dilakukan selama pandemi covid 19. Gotong royong yang dilakukan tidak lain bertujuan untuk melawan penyebaran virus covid-19. Melakukan social distancing misalnya. Masyarakat benar-benar perlu bergotong-royong dalam melaksanakan sosial distancing demi memutus mata rantai persebaran covid-19. Tak hanya itu, gotong royong masyarakat juga sangat tampak pada sikap kepedulian untuk membantu sesama. Baik melalui pemberian bantuan sembako, masker, APD bagi tenaga medis dan lain sebagainya. Ternyata, di balik pandemi covid 19 ini justru membuat masyarakat Indonesia semakin berjiwa sosial tinggi dan tambah semangat bergotong-royong.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ternyata, di balik pandemi covid 19 ini justru membuat masyarakat Indonesia semakin berjiwa sosial tinggi dan tambah semangat bergotong-royong.Alhamdulillah ya bun. Sukses buat Bunda. Salam kenal. Sudah saya folow.

10 Nov
Balas

Iya bund. Ada hikmah di balik pandemi covid 19. Salam kenal juga bund.

20 Jan

Semoga pandemi segera berlalu ya Bu..kita bisa goro secara massal..salam sukses selalu Bu

10 Nov
Balas

Iya aamiin. Salam sukses kembali Bu..

20 Jan



search

New Post