Ninik Sulistyani

Ninik Sulistyani,S.Pd.M.Pd. Lahir Madiun 19 Mei 1968 Instansi SMP Negeri 3 Ngawi Jatim Selain sebagai guru juga sebagai Tutor di Universutas Terbuka Surabaya...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kenali Tujuan Ibadah

السلا م عليكم ورحمة الله وبركاته

*Kenali Tujuan Ibadah*

Tidak diragukan lagi bahwa semua ibadah dan amal sholeh tujuannya adalah untuk *الله* dan untuk meraih Ridlo-Nya. Namun ayat-ayat Al-Qur’an ketika berbicara tentang sholat, puasa, haji dan lainnya, selalu menyertakan tujuan di baliknya. Seperti :

(1). Ketika mewajibkan sholat, *الله* SWT meng-informasikan kepada kita salah satu tujuan dari ibadah sholat yaitu :

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ

“Dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar.” (QS.Al-Ankabut:45)

Maka salah satu tujuan dari shalat adalah mencegah pelakunya dari perbuatan keji dan munkar.

(2). Ketika *الله* SWT mewajibkan zakat, disana juga disebutkan tujuan dibalik zakat, yaitu :

خُذۡ مِنۡ أَمۡوَٰلِهِمۡ صَدَقَةٗ تُطَهِّرُهُمۡ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيۡهِمۡۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٞ لَّهُمۡۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. '' Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS.At-Taubah:103)

Maka salah satu dari tujuan zakat adalah membersihkan diri dari penyakit hati semisal kikir, tamak, tidak ada kepedulian kepada sesama dan lain sebagainya.

(3). Ketika *الله* SWT mewajibkan puasa, disana juga disebutkan salah satu tujuan dibaliknya adalah :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS.Al-Baqarah:183)

Maka tujuan dibalik kewajiban puasa adalah meraih ketakwaan diri.

(4). Begitupula ketika membicarakan tentang kewajiban manasik haji dan kewajiban menyembelih korban yang termasuk didalamnya, *الله* Berfirman :

لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقۡوَىٰ مِنكُمۡۚ

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada *الله*, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu.” (QS.Al-Hajj:37)

Maka sebenarnya ibadah bukanlah tujuan, namun *ibadah adalah kendaraan untuk meraih sesuatu yang lebih tinggi*. Karenanya sangat penting bagi kita untuk mengetahui tujuan di balik ibadah-ibadah dan amal yang kita lakukan sehingga kita bisa fokus untuk meraih hasil darinya. Karena *orang yang sukses adalah orang mampu mencapai tujuan dibalik setiap perbuatan dan langkahnya.*

Semoga bermanfaat.

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Super sekali bu, salam literasi.

18 Jun
Balas

Tulisan tang padat dan sarat makna. Trims pencerahannya

18 Jun
Balas

Tulisan yang padat dan sarat makna. Trims pencerahannya

18 Jun
Balas



search

New Post