Nining Wahyu Haryani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MAKNA MAKAN
Makan bersama penuh makna

MAKNA MAKAN

Pada peringatan Hari Gizi Nasional ke-63, SD Negeri Teja Barat 3 mengelar kegiatan makan bersama. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempererat persaudaraan dan juga mengenalkan filosofi makan yang benar. Hal ini berkaitan dengan tema Hari Gizi tahun ini yaitu, ‘Isi Piringku Kini Kaya Protein Hewani Cegah Stunting’.

Hari Gizi tidak lepas dari peran bapak gizi Indonesia yaitu Prof. Dr. Poorwo Soedarmo dengan slogan ‘Empat Sehat Lima Sempurna’. Slogan itu kini berganti  menjadi ‘Gizi Seimbang’. Peringatan hari gizi dilakukan setiap tahun pada tanggal 25 Januari. Hari Gizi adalah momentum untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penerapan gizi yang seimbang.

Penerapan gizi seimbang mampu mencegah stunting pada anak. Berdasarkan data Dinas kesehatan provinsi Jawa Timur, di Pamekasan terdapat 9200 anak yang mengalami kekerdilan atau stunting yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan (https://jatim.antaranews.com.berita). Oleh karena itu Pamekasan termasuk zona merah.

Edukasi mengenai ‘Isi Piringku ‘ membantu siswa dalam memahami bagaimana porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi. Isi Piringku adalah pengganti konsep Empat Sehat Lima Sempurna. Edukasi terhadap masyarakat luas juga perlu dilakukan karena stunting  disebabkan ketidaktahuan orangtua terhadap cara mengolah makanan. Asal makan yang penting kenyang.

Setiap hari kita makan tanpa menyadari makna makan yang sesungguhnya. Ada yang hidup untuk makan, namun ada juga yang makan untuk hidup. Sebuah realita beda makna. Hanya kita sendiri yang tahu jawabannya. Di Hari Gizi Nasional tahun ini, marilah kita merefleksikan perilaku makan kita.Apakah kita sudah makan dengan baik dan benar? Kegiatan makan sesungguhnya sarat dengan berbagai pelajaran hidup yang berharga. Namun sayangnya, pikiran kita hanya fokus pada rasa masakan yang dihidangkan, enak atau tidak?

Kita mengabaikan kesehatan dengan memakan segala yang terasa enak di lidah. Kita melahap semua yang terlihat menarik di mata. Tak lupa jepret sana - sini, selfie lalu posting. Bukan hanya perut kita yang kenyang. Mata dan hati juga merasakan kenikmatan. Makan adalah sebuah petualangan rasa. Segala rasa yang  tergabung dalam ‘Isi Piringku’. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan dan kecerdasan untuk menentukan apa yang baik untuk tubuh kita. Kamu Adalah Apa Yang Kamu Makan !

Selamat Hari Gizi Nasional 25 Januari 2023. Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat bagus dan menginspirasi bu

25 Jan
Balas



search

New Post