Nining Yustiana

English Teacher of SMAN 1 Parongpong...

Selengkapnya
Navigasi Web
Aksi Nyata Modul 1.4. Budaya Posiif

Aksi Nyata Modul 1.4. Budaya Posiif

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

Oleh : Nining Yustiana,S.Pd.,MM

Latar Belakang

Menurut Ki Hadjar Dewantara (KHD), Peran Pendidik diibaratkan seorang Petani atau tukang kebun yang tugasnya adalah merawat sesuai kebutuhan dari tanaman-tanamannya itu agar tumbuh dan berbuah dengan baik, tentu saja beda jenis tanaman beda perlakuanya. Artinya bahwa kita seorang pendidik harus bisa melayani segala bentuk kebutuhan metode belajar siswa yang berbeda-beda (berorientasi pada anak). Kita harus bisa memberikan kebebasan kepada anak untuk mengembangkan ide, berfikir kreatif, mengembangkan bakat/minat siswa (merdeka belajar), tapi kebebasan itu bukan berarti kebebasan mutlak, perlu tuntunan dan arahan dari guru supaya anak tidak kehilangan arah dan membahayakan dirinya.

Membangun karakter Murid adalah tugas berat guru, salah atu hal yang dapat dilakukan adalah dengan pembiasaan Budaya Positif, nah untuk memulainya maka harus terlebih dahulu melaksanakan Disiplin Positif. Pemberian Hukuman ataupun penghargaan yang selama ini dianggap sebagai bentuk pembelajaran disiplin bagi murid, namun tanpa disadari murid hanya akan bertindak disiplin dalam bentuk menghindari hukuman yang kadang mempermalukan dirinya di hadapan umum, setelah itu maka tidak ada tindak lanjut, sedangkan kalua murid selalu mendapatkan penghargaan atas apa yang telah dilakukan, maka pada salah suatu saat mereka tidak mendapatkan penghargaan mereka akan merasa kecewa dan meninggalkan kebiasannya itu, karena semua ini didasari pada motivasi ekstrinsik. Mungkin pada saat murid mendapatkan hukuman atau penghargaan, yang harus kita lakukan adalah memunculkan motivasi intrinsic untuk setiap murid agar senantiasa melakukan sesuatu secara sadar, muncul dari dalam hati.

Cara yang tepat untuk menanamkan budaya positif disekolah yaitu dengan menerapkan restitusi terhadap murid yang melakukan pelanggaran. Dengan restitusi, murid dapat menyadari kesalahannya dan mencari solusi dari kesalahannya secara mandiri sehingga murid dapat Kembali kepada kelompoknya dengan karakter yang lebih kuat.

Tujuan

Dengan Menyusun keyakinan kelas Bersama murid, diharapkan dapat memberikan kesadaran untuk melaksanakan Keyakinan kelas tersebut sehingga tercipta Disiplin Positif disekolah. Adanya disiplin positif akan membentuk Karakter yang baik dan mewujudkan Merdeka Belajar bagi murid dan membentuk budaya positif

Tolak Ukur

Tolak Ukur dari kegiatan ini yaitu murid memiliki karakter yang baik, murid merasa nyaman di lingkungan sekolah, murid memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi dalam melakukan kebaikan dan murid mampu menerapkan dan menjaga komitmen yang telah disepakati bersama.

Linimasa tindakan yang saya lakukan

Marancang Aksi Nyata

Menghadap pimpinan dan menyampaikan rancangan tindakan aksi nyata yang akan saya lakukan terkait penerapan disiplin positif di sekolah.

Membuat Keyakinan Kelas Bersama Murid

Bersama dengan murid menyepakati nilai-nilai universal untuk dijadikan keyakinan kelas. Murid mendiskusikannya Bersama temannya kemudian menempelkan pada tempat yang telah disediakan.

Melaksanakan Keyakinan Kelas

Murid melaksanakan keyakinan kelas salah saling menghormati dalam pembelajaran di kelas

Dukungan Yang Diharapkan

Dukungan yang harapkan terutama dukungan Kepala sekolah sebagai pendukung utama terlaksananya aksi nyata. Selain itu dukungan orang tua murid untuk membantu mengawasi di rumah. Demikian juga dukungan Seluruh warga sekolah terutama rekan sejawat dan murid

Pelaksanaan Diseminasi

Diseminasi dilaksanakan berbarengan dengan workshop di sekolah yaitu pada tanggal 13 januari 2023, dikarenakan disekolah kami ada 4 calon guru penggerak maka dibagi empat ruangan dan saya berada di ruang Satu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post