Nita Kurniati

Guru MA Al-Ishlah dan Pengajar di Rumah Belajar "Rumah Iqra Fauzan". @nitnut_art , Yt : Nita Kurniati ...

Selengkapnya
Navigasi Web
ASA MENUJU NYATA

ASA MENUJU NYATA

Buku yang sangat ingin saya buat yaitu buku tentang apresiasi.

Sasaran pembacanya yaitu guru, siswa, orang tua, umum.

Alasannya adalah karena saya merasa apresiasi itu masih kurang di masyarakat, masih banyak yang menyepelekan sebuah apresiasi, menganggapnya remeh, padahal satu emot jempol pun itu sangat berharga. Berbeda dengan hukuman, misalnya di ranah keluarga, seorang anak yang melakukan kebaikan seperti membaca, menyapu lantai itu tidak mendapat apresiasi atau penghargaan dari orang tua nya, karena membaca, menyapu dan lain-lain itu di anggap hal yang wajar, hal yang memang seharusnya dilakukan oleh si anak, padahal jika di apresiasi anak akan merasa senang dan ingin melakukanya lagi. Berbeda saat anak melakukan keburukan atau kesalahan, orang tua langsung sigap menegurnya, menasihatinya, atau bahkan menghukumnya.

KEAJAIBAN APRESIASI

Apresiasi,

Adalah suatu pemberian yang begitu indah, suatu penghargaan yang membuat seseorang tergugah, memang selintas terpikir sederhana, namun nyatanya apresiasi sangatlah mewah. Betapa tidak, karenanya Semangat seseorang bisa bertambah, apalagi jika di sertai dengan hadiah yang wah, pasti akan membuat seseorang mengekspresikan karya nya dengan mudah, tanpa kenal waktu dan lelah, hasilnya pun pasti akan indah. Tak banyak orang yang memberikan apresiasinya pada karya orang lain dengan mudah, mungkin ada yang beranggapan hal itu berat dan susah, atau bahkan diam saja tanpa bertingkah, karena menganggapnya itu hal sepele yang tak berarti apa-apa.

yaa, betapa berharganya apresiasi ku , betapa pentingnya apresiasi mu, betapa bermanfaatnya apresiasi yang kita berikan kepada orang lain terhadap karyanya. Apresiasi kita sangatlah di tunggu-tunggu oleh mereka yang sedang berkarya atau melakukan kebaikan, yang sedang maupun baru memulainya.

Terbayang jika kita menghasilkan suatu karya atau baru memulai suatu hal yang fositif, lalu tak ada orang yang mendukungnya, tak ada yang menyemangatinya, tak ada yang memberikan satu jempol pun terhadap karya atau kebaikannya, atau bahkan tak ada yang merespon nya sama sekali. Kurasa tak ada yang suka itu terjadi. Mungkin jika hal itu terjadi, kita jadi males untuk melakukan nya lagi, semangat pun memudar untuk mengulanginya, bisa saja jika kita lemah menghadapinya, karya akan terputus cukup sampai disini. Tapi sebaliknya, Jika sekali saja kita di apresiasi, dihargai oleh orang lain, pasti akan ada hasrat dalam diri kita untuk melakukan nya lagi.

Seseorang itu berbeda-beda, ada orang yang sudah mengetahui potensi dalam dirinya dan ada juga yang potensinya masih tersembunyi, artian mereka belum tau potensi yang dimiliki dalam dirinya. Potensi sangat ada kaitannya dengan apresiasi, betapa tidak, sedikit apresiasi yang kita berikan terhadap karya orang lain, Satu JEMPOL saja, iya jempol yang terkadang kita anggap itu sepele, tak bernilai apa-apa, hanya penambah emot semata. Ternyata, itu bisa membuat tingkat percaya diri seseorang naik, ada bahagia di hati saat karyanya di hargai, semakin banyak yang memberikan apresiasi padanya, semakin bertambah pula semangat nya untuk berkarya, dan dia akan menyadari kalau dia memiliki potensi yang baik dalam bidang itu.

Subhanallah, betapa mulianya kita, bayangkan saja jika berkat JEMPOL yang kita berikan, dia merasa bahagia lalu membuat karya baru lagi, kemudian dia menyadari bahwa potensinya tersembunyi, kebisaan yang selama ini tidak ia ketahui, dan akhirnya dia mengulik, melatih, mengembangkan potensinya sampai akhirnya dia menjadi SUKSES. Waaww, Satu jempol yang kita anggap sepele, ternyata bisa mengantarkan seseorang menjadi sukses. Hebat bukan !! SATU JEMPOL lowh. Dan saat itulah, jempol kita menjadi PAHALA.

Mereka di luar sana, atau bahkan kita sendiri, mungkin banyak yang masih belum tau potensi yang ada dalam diri. karena mereka tidak pernah di apresiasi karyanya oleh orang lain.

Mungkin ini sedikit kesimpulan yang bisa ku ambil dari pengalamanku dan berbagai artikel yang ku baca.

Apresiasi kita sangat berharga :

1. Untuk mereka yang sedang sedang berkarya atau melakukan kebaikan.

2. Untuk mereka yang baru mulai berkarya atau melakukan kebaikan.

3. Untuk mereka yang potensinya masih tersembunyi.

So, Jangan pelit untuk memberikan apresiasi kepada orang lain :)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post