Nita Marginingsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Korea Menantangku

Korea Menantangku

Seleksi Pertukaran Guru Indonesia - Korea

Beberapa minggu yang lalu sepulang saya pulang dari Jepang,saya melihat iklan tour ke korea dan saya berfikir suatu hari saya ingin pergi ke korea. Ahh tapi entahlah mungkin itu hanya mimpi atau mungkin hanya angan angan.

Tanpa kuduga Allah memberikan Tiket Untukku.tapi aku harus berjuang untuk bisa memastikan tiket itu bisa berpindah ke tanganku dan tertulis namaku..yaahh Allah memberikannya lewat Program Pertukaran guru Indonesia Korea..

Sore itu ada wa masuk ke smart phone saya..seorang teman menanyakan apakah saya sudah menerima email tentang undangan untuk ikut seleksi pertukaran guru ke korea. bagai tersambar petir di sore hari rasanya saya membaca Wa Itu..dalam hati bertanya.Mungkinkah ini jawaban dari mimpiku??

Dengan penuh tanda tanya kubuka email..Dan benar saja ada email masuk seperti yang dimaksud oleh teman saya tadi..kubaca dengan teliti lembar demi lembar surat elektronik tersebut..mataku langsung melotot melihat tahap tahap seleksi yg akan ku lalui..dalam waktu beberapa hari saya harus menyiapkan banyak hal..dan saya ga yakin apakah saya akan mampu.. Kuhubungi beberapa orang untuk menyampaikan berita tersebut..meminta ijin kepada kepala sekolah dan pengawas tak lupa saya lakukan..dan setelah mendapat doa dan restu dari berbagai pihak akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti seleksi..dengan kemampuan minimum tentunya 😊..

Akhirnya tibalah waktu saya untuk berjuang mendapatkan tiket ke korea..siang itu jam menunjukkan pukul 14.30 saat saya memacu mobil saya menuju the belleza suite hotel permatan hijau..sesampai dihotel saya agak bingung karena baru kali ini saya nemu hotel sebagus itu..agak ndeso sedikit lah ya..kuketuk pintu kamar berkali kali tapi tak ada tanggapan.. Akhirnya saya kembali ke resepsionis untuk meminta kunci kamar..setelah mendapat kunci saya kembali ke kamar dan ternyata kudapati 4 orang sedang tidur pulas di kamar hotel yang menyerupai apartemen tersebut..setelah mereka bangun aku berkenalan dengan mereka..dan aku sedikit shock melihat salah satu dari mereka membawa kecapi untuk persiapan tes nanti..aku langsung down..dalam hati bertanya "aku nanti mau apa ya aku ga persiapan apapun?"..setelah makan malam tibalah acara seleksi yg kami nantikan..diawali dengan pembukaan oleh salah satu pejabat kemdikbud..kemudian tes pertama kami harus mengerjakan tes potensi akademik. Para juri membagikan selembar kertas besar yg berisi ribuan angka angka..dan kami harus menguji konsentrasi dan kecepatan tangan serta hitungan kami untuk menjumlahkan angka2 dalam kertas besar tersebut secara urut..ahhh lieuer (pusing)..setelah selesai mengerjakan saya baru tau kalau itu namanya PAULI TEST...setelah memgikuti test pauli kemudian kami dihadapkan pada tes selanjutnya yaitu PSIKO TEST...saya mengerjakan psiko test dengan super duper percaya diri..dan tepat pukul 22.00 selesailah saya mengerjakan tes malam itu..

Hari kedua saya sudah berubah jadi pendiam..pikiran saya mulai kacau..mau tau kenapa???yaaahh jelas karena hari itu adalah test bahasa inggris..bahasa inggris adalah salah satu momok buat saya..maklum waktu kecil saya ga dikasih sarapan roti,,tapi saya sarapan tiwul sama sambel bawang jadi saya gabisa bahasa inggris.. Dan apa yg saya takutkan jadi kenyataan..saya dihadapkan pada 40 soal PG dan dua soal uraian yang harus diisi dengan bahasa inggris(yaiyaalahh dengan bahasa inggris,,lha wong namanya juga tes bahasa inggris).. Akhirnya dengan penuh perjuangan saya berhasil menyelesaikan tes tersebut..setelah itu saya kumpulkan jawaban saya..setelah semua selesai kami dimarahin juri karena ada dua soal yang tidak dikembalikan oleh peserta..dalam hati saya berkata kreatif banget sih ni orang sampai ngumpetin soal segala..bahkan panitia mengancam tidak akan mengoreksi jawaban kami kalau dua soal tidak dikembalikan..setelah insiden dimarahi juri,,kemudian panitia membagikan selembar kertas putih bernama HVS dan kami disuruh menjelaskan tentang diri kami menggunakan bahasa inggris..waduuhhh english again english again.. Akhirnya dengan penuh perjuangan dan pemikiran mendalam saya berhasil mengerjakan tes tersebut..dengan bahasa inggris ngawur tentunya..

Setelah balada tes inggris berlalu tibalah saya pada tes selanjutnya..yahh tes wawancara dan potensi seni.. Awalnyaa saya sudah PD dengan tes wawancara ini,,secara kalau kata temen saya,saya ini jago ngoceh seluruh indonesia..jadi kalau cuma wawancara ahhh kecil kata saya..tiba tibaaa jantung saya serasa berhenti berdetak setelah menguping pembicaraan teman disebelah saya..sayup sayup terdengar kata-kata itu "sumpehh lo kalau lo ga tau kalau wawancara nya pakai bahasa inggris"..wahhh mati saya..saya kan ga bisa bahasa inggris..dan setelah tiba giliran saya saya cuma cengar cengirr karena bingung mau jawab apa..saya mengerti bahasa inggris tapi untuk ngomong saya sulit dan agak kurang percaya diri..setelah wawancara saya menampilkan kesenian yang saya bisa..yahh sebagai penggemar mas didi kempot saya nyanyi campur sari siang itu..ditambah senam maumere sisa perpisahan..tentunya sangat membosankan bagi sang juri..tapii ahh sudahlah pede aje kata saya..

Dan hari terakhir kami masih dihadapkan pada satu tes lagi yaitu LGD (leadhership grup discussion). Kami dibagi bagi dalam beberapa kelompok..satu kelompok terdiri dari 8 orang..kami diberi satu tema tentang "pendidikan abad 21" kalau di bahasa indonesiakan 😊..kami harus berdiskusi tentang 4 W 1 H tentang tema tersebut dan tanpa dipandu siapapun..yahh untuk mengetahui jiwa kepemimpinan kami..dan tentunyaa diskusinya dengan bahasa inggris..heheheheheh..sudah bisa dibayangkan kan apa yang terjadi dengan saya di diskusi tersebut??..

Akhirnya selesailah rangkaian tes pertukaran guru ke korea..acara di tutup..dan sampai saat ini kami belum tau siapa 10 orang dari 67 peserta test yang akan mewakili Indonesia..yang jelas siapapun nanti yg mewakili mereka adalah orang orang hebat yang tentunya pandai berbahasa inggris dan mempunyai keterampilan seni yang mumpuni.. Dan saya tentunya cuma butiran debu disana..

Barangkali tahun depan para pembaca ada yg berminat mencoba silahkan dipersiapkan bahasa inggris dan potensi seni dari sekarang..jangan sampai mengalami apa yang saya alami..

Dann korea,,apakah kita akan bertemu???

...Tangerang Selatan pagi ini...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Itu khusus gupres ya bu? Setahu saya diundang khusus dari Kemdikbud

13 Jun
Balas

Ohh tidak pak.. Ada yang diundang tapi ada juga guru guru yang mendaftarkan diri pak..

13 Jun

Mangtabs

31 May
Balas

Terimakasih bu widayanti

31 May

Mangtabs

31 May
Balas

Keren. Mba Nita. Bagi-bagi ilmunya ya.

31 May
Balas

Terimakasih pak yudha..dengan senang hati pak kalau ada yg ingin berbagi pengalaman

31 May

Terimakasih pak yudha..dengan senang hati pak kalau ada yg ingin berbagi pengalaman

31 May

semoga Korea memanggilmu bu... tulisannya kerenn

31 May
Balas

Aminnn terimakasih bu upit sarimanah..tapi kayanya korea berpaling dariku bu..

01 Jun



search

New Post