Nita Marginingsih

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Sangkuriangwati Sang Penakluk
sim salabim semalam

Sangkuriangwati Sang Penakluk

Sangkuruangwati Sang Penakluk

Cerita ini saya tulis atas masukan dari seorang teman.. Yaa teman terbaik saya. Salah satu guru beprestasi dari Lima Puluh Kota Sumatera Barat..

Beberapa minggu yang lalu saya mengikuti seleksi pertukaran guru Indonesia - Korea.. Ditengah tengah ketegangan saat kami mengikuti seleksi kami berbincang bincang tentang seleksi guru beprestasi. Kebetulan salah satu teman sekamar saya adalah juara 1 guru berprestasi tingkat nasional 2016. Beliau menceritakan pengalamannya saat ikut seleksi guru berprestasi dari tingkat kota sampai beliau bisa menjadi jawara di tingkat nasional.. Berbagai halangan dan rintangan beliau lalui hingga akhirnya beliau menjadi juara dan bisa ke eropa gratis karena reward sebagai guru berprestasi nasional.. Ahhh suatu saat juga aku pasti bisa gumamku dalam hati..

Saya tentu tidak melewatkan begitu saja bisa ketemu dengan sang jawara,, saya bertanya tentang berbagai hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti seleksi guru berprestasi.. Meskipun saya belum cukup umur untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut.. Disaat yang sama notifikasi di sosmed saya berbunyi.. Ternyata ada seorang teman memposting tentang pengumuman seleksi guru berprestasi di kota tangerang selatan.. Mata saya melotot ketika saya lihat hadiah di pamflet tersebut.. Bagaimana tidak?? Juara 1 mendapatkan hadiah 20 juta. Juara 2 15 juta dan juara 3 10 juta.. Saya langsung spontan menunjukkan pamflet tersebut kepada teman2 saya yang sedang asyik bercerita.. Wahhh mbak saya pengen ikut ahh,, minimal dapat hadiah 10 juta biar bisa buat mudik lebaran kata saya.. Teman teman pun menjawab candaan saya dengan meminta transfer pulsa apabila nanti saya mendapatkan juara..

Keesokan harinya setelah seleksi pertukaran guru selesai, saya dan keluarga pergi ke Jogja untuk mengunjungi kakek saya dan juga ziarah ke makam simbok saya.. Sepanjang jalan saya habisakan waktu untuk beristirahat.. Sesampai di Kebumen saya terbangun..betapa kagetnya saya ketika melihat handphone saya ada 7 panggilan tak tarjawab dari kepala sekolah.. Waduhhh matii nihh pasti ada tugas.. Padahal saya sedang perjalanan ke Jogja.. Saya memberanikan diri untuk menelpon beliau " hallo pak,, tadi bapak telpon saya ada apa ya pak?? " tanya saya singkat.. Beliau menjawab "bu nita ikut seleksi guru berprestasi ya soalnya dari gugus ga ada yang mau"..aduhhh mau jawab apa nihh?? Dalam hati saya.. "tapi saya belum memenui syarat pak" dan blaaa blaaa blaaaa saya menjelaskan alasan saya agar tidak ikut ajang bergengsi tersebut.. Terdengar suara dari ujung telepon "udah pokoknya ikut aja,, apa yg kamu punya kamu bawa aja "..ahh yasudahlahh.. Lagian saya masih di Jogja nanti sepulang dari Jogja saya pikirkan alasan untuk tidak tidak ikut kegiatan tersebut..

Beberapa hari berlalu.. Saya telah kembali ke tangerang selatan tercinta.. Tepat pukul 10 seperti biasa handphone saya berbunyi.. Saya lihat kearah layar Handphone saya.. Terlihat nama P. H. Lukbi Pengawas. "Hallo Assalamualaikum bapak ".."waalaikum salam,, bu Nita dimana? " tanya beliau.. "saya dirumah pak" jawab saya singkat.. "lhoo bu Nita gimana sih kok bapak tunggu disekolah ga dateng dateng" kata pak pengawas.. "memangnya ada apa pak?? Kan sekolah libur? "tanyaku tanpa merasa bersalah.. "datang kesekolah sekarang buat persiapan seleksi guru berprestasi,, bapak tunggu atau gausah ketemu bapak lagi" waduhh ancamannya dahsyatt kataku dalam hati.. "yaudah pak saya mandi dulu ya pak truss nanti saya ke sekolah"..setelah percakapan selesai saya langsung lari kekamar mandi dan mempersiapkan diri untuk pergi kesekolah.. Sambil berfikir apa yang mau saya buat untuk ikut seleksi guru berprestasi besok.. Yaahhh besokk.. Kurang dari 24 Jam saya harus mempersiapkan segalanya..

Sesampai disekolah saya mencari cari pak pengawas.. Tapii tidak saya temukan keberadaannya di sekolah.. Owhh ternyata beliau sudah ke dinas pendidikan untuk mendaftarkan saya sebagai salah satu perwakilan peserta dari gugus 03..lhaa terus apa gunanya saya kesini?? Yasudahlahh saya ke TU saja nyari nyari barangkali ada surat tugas saya yg bisa saya buat portofolio sekaligus mengambil penilaian kinerja saya.. Tak lupa saya meminjam printer untuk dibawa pulang sekaligus minta kertas satu rim karna sepertinya banyak hal yg harus saya print malam ini.. Hehehhehe ga modal banget yaa..

Sesampai dirumah saya wa teman teman di grup Juara OGN.. Saya meminta masukan apa saja yang harus saya siapkan. Khususnya mengenai karya tulis ilmiah.. Banyak teman yang memberikan berbagai masukan untuk saya membuat karya tulis ilmiah.. Ada teman yang bilang wah kaya sangkuriang masa nyiapin seleksi gupres cuma satu malam.. Tapi buktikan nok nita kalau kamu bukan guru setengah berprestasi kata pak Anto.. Kemudian seorang teman berkata kalau sangkuriang itu kan cowok kalau cewek apa yaa?? Sangkuriangwati jawab pak Anto lagi.. Dan kamipun tertawa.. Ada rasa bahagia karena saya mendapat support luar biasa dari para guru guru hebat di grup Juara OGN.. Akhirnya sim salabim jadi apa prok prok prokk.. Dalam semalam karya tulis ilmiah dan portofolio selesai.. Horeeeee😁😁😁😁...Alhamdulillah selesai tepat pada waktunya..

Pagi itu dengan tidak penuh semangat saya berangkat.. Si merah dengan setia mengantarkan saya ke Puspitek.. Sesampai di puspitek mata saya langsung melotot.. Saya langsung melihat teman saya yg sudah melanglang buana mengikuti ajang yang sama..yah bu Eti winarsih salah satu instruktur Nasional IPS.. Wahhh ini mahh pasti kalahh.. Sambil menunggu saya ngobrol sana sini dengan para peserta.. Dan betapa kagetnya saya karna bu heni kristiani juga ikut dalam kegiatan tersebut.. Wahh saya jadi ngerasa kaya butiran debu.. Ehh bukan tapi kaya kembang tebu sik kabur kanginan.. Wiss lahh ga mungkin juara kata saya dalam hati.. Gagal mudik nihh... Kan saya ikut cuma pengen juara 3 biar dapat uang sepuluh juta buat mudik.. Hihihihihihii

Akhirnya seleksi yang ditunggu tunggu pun datang jugaa. Tahap pertama tes tertulis.. Kami harus mengerjakan 40 soal PG.. Yang isinya terdiri dari pengetahuan ttg pendidikan tapi lebih banyak permen permennya..dan juga tentang 4 kompetensi guru.. Setelah itu tes kedua adalah tes karya tulis dan presentasi karya tulis.. Jelas nilai saya jelek lah yaa soalnya karya tulis saya bukan PTK.. Dan tes ketiga adalah tes wawancara.. Kebetulan saya dapat juri wawancara yg agak nyebelin..hihihihihihii.. Tes terakhir adalah wawancara tentang portofolio.. Disinibsaya agak percaya diri dengan portofolio saya.. Karna saya menyertakan berbagai piagam dan sertifikat yang saya punya.. Maklum saya kan S. Pd (spesialis pelatihan dan diklat) kalau kata orang mah.. Seluruh rangkaian tes tersebut benar benar saya lalui seharian.. Tepat saat buka puasa saya baru selesai tes portofolio..

Tes selesai.. Semua peserta harap harap cemas menantikan pengumuman siapa yang menjadi sang juara.. Saya ga degdegan sama sekali.. Malah saya agak takut kalau saya juara.. Karena tanggal 5 Juni sudah selekai tingkat provinsi.. Dan banyak hal yang harus di siapkan oleh siapapun yang jadi juara.. Sambil menunggu pengumuman saya ngobrol dan bercanda dengan bu heni dan bu eti.. Sudahh nanti Juara 1 bu eti,, bu heni juara 2 dan saya juara 3 aja.. Lumayan 10 juta cukup buat mudik.. Bu eti pun menjawab ihh pede bangett katanya... Dan kami bertigapun tertawa.. Kalau bu eti juara 1 mau apa?? Tanyaku.. Mau umroh jawab bu eti sambil tertawa ngakak.. Kalau mba heni juara 2 mau ngapain?? Mau jalan jalan sekeluarga jawab mba heni.. Kalau aku sih cuma mau mudik.. Heheheheh.. Kataku sambil tertawa..

Akhirnyaa setelah lama menunggu yang kami tunggu datang juga.. pak kabid mengumumkan hasil seleksi guru berprestasi tingkat tangerang selatan.. Dan tanpa saya sangka sangka nama saya disebut dalam salah satu nama dari 3 orang juara.. Wahh jadi mudik sayaa.. Hehehhehe...

Pelajaran yang bisa saya ambil dari cerita ini,, kalau mau ngomong itu hati hati.. Benar ternyata ucapan adalah doa.. Doa yang dicatat sama malaikat dan bisa kapan saja dikabulkan oleh Allah SWT.. Untung saat itu yang saya ucapkan adalah hal yang baik.. Dan apapun bisa kita jadikan motifasi untuk meraih prestasi.. Salah satunya pengen mudik gratis.. Hehehehehee..

Akhirnya sangkuriangwati bisa mudik dibiayai oleh pemkot Tangerang Selatan.. Meskipun saya belum bisa menjadi guru berprestasi yang sebenarnya.. Dan mungkin masih setengah berprestasi.. Tapi yang penting bisa mudik.. Hihihiii

Tetap semangatt untuk semua guru di Indonesia.. Kita pasti bisa kalau kita mau berusaha.. Do the best..dan kita pasti akan mendapatkan yang terbaik..

One, 10 Juni 2017

Cerita ini ditulis sambil ngawas SPMB mandiri salah satu universitas di kota ini πŸ˜‚

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Alhamdulillah terimakasih bu wiwin

13 Jun
Balas

selamat ya bu, akhirnya dapat mudik gratis

11 Jun
Balas



search

New Post