N. Mimin Rukmini

N. Mimin Rukmini. Sejak gabung Media Guru, beranggapan menulis adalah kebutuhan. Beberapa hari tak menulis angan dah mulai teriris. Prinsip hidup "Aku Ing...

Selengkapnya
Navigasi Web

GROW MINDSET

GROW MINDSET

JIKA KAMU TIDAK TAHAN DENGAN LELAHNYA BELAJAR MAKA KAMU HARUS TAHAN DENGAN PERIHNYA KEBODOHAN (Imam Syafii)

Menarik sekali filosofi Imam Syafii. Ini memberi motivasi yang luar biasa bahwa sejatinya kita dituntut untuk belajar dan bekerja keras untuk meningkatkan kompetensi diri. Dengan demikian, diharapkan filosofi Imam Safii tersebut dapat diubah menjadi jika kita siap dengan lelahnya belajar pastikan kita nikmati indahnya kehidupan.

Motivasi belajar dan bekerja keras boleh jadi berasal dari motivasi intrinsik ataupun ekstrinsik. Motivasi intrinsik untuk belajar dan bekerja keras salah satunya memiliki pemikiran grow mindset.

Grow mindset adalah pola pikir yang berkembang, yakni seseorang yang memiliki pemikiran pola pikir dan menyadari bahwa potensi dirinya selalu berkembang dengan terus dan semangat dalam belajar dan kinerja sehingga terus menghasilkan karya. Prilaku yang dapat mengembangkan grow mindset menurut Vaol Dwek memiliki ciri-ciri, yakni;

1. Menyadari bahwa ia memiliki potensi yang terus berkembang. Sehingga terus belajar dan bekerja keras untuk bekal kehidupannya kelak.

2. Orang dengan pola pikir grow mindset sadar pula akan ketidak sempurnaan sebagai manusia. Dengsn ketidaksempurnaan ini mereka yang grow mind set berusaha terus untuk mencapai kesempurnaan fengan terus belajar dan belajar.

3. Senantiasa berani menghadapi tantangan. Karena prilaku grow mindset selalu ingin belajar, maka senantiasa terus berani menghadapi tantangan. Apa pun risikonya.

5. Belajar dari kesalahan orang lain. Orang lain dsn sumber belajar selalu menjadi acuan. Orang lain dijadikan inspirasi. Dari inspirasi diri inilah akan muncul sikap belajar dan berkarya yang lebih produktif.

6. Terbuka menerima kritikan dari orang lain. Orang bijak ddn srealu belajar terbuka jika dikritik oleh orang lain. Sehingga terus menyempurnakan diri dan karya ssmpai dengan merasakan kebermanfatan dorinya dslam kehidupan. Itulah ciri-ciri dan sekaligus upaya-upaya agr kita memiliki prilaku grow mindset. Prilsku dan pemikiran yang terus berkembang tanpa lelah belajar untuk kehidupan masa depan yang lebih indah. Semoga!

Sumber; https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/06/20/143954/5-cara-untuk-mengembangkan-growth-mindset-buat-hidupmu-lebih-baik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post