N. Mimin Rukmini

N. Mimin Rukmini. Sejak gabung Media Guru, beranggapan menulis adalah kebutuhan. Beberapa hari tak menulis angan dah mulai teriris. Prinsip hidup "Aku Ing...

Selengkapnya
Navigasi Web
Literasi Wisata Guha Pawon, Memoar TMBB 2018

Literasi Wisata Guha Pawon, Memoar TMBB 2018

LITERASI WISATA GUHA PAWON MEMOAR TMBB 2018

Empat tahun lalu, rasanya baru kemarin kita menyusur Guha Pawon (Pesona wisata Bandung Barat di daerah Cipatat SR 2). Literasi wisata sebagai bagian dari program TMBB sengaja mengutamakan tempat wisata yang ada di Bandung Barat. Seru, bangga, dan gembira. Peserta ceria, nyaman, dan semangat mengikuti kegiatan.

Saat tiba peserta Lierasi wisata sekaligus peserta TMBB 2018 mendengarkan arahan dari manajer Guha Pawon, Yetti Herawati yang juga Guru Bahasa Indonesia SMPN 3 Cipatat. Selanjutnya kami, guru-guru pembimbing, dan peserta melakukan readathon (membaca bersama) di pelataran terbuka depan mulut Guha Pawon. Pemandangan nan indah dengan suasana pagi yang masih segar disertai rindangnya pepohonan kaki gunung Guha Pawon menambah semarak dan kekhusuan membaca.

Usai membaca buku yang sengaja dibawa oleh masing-masing peserta dan kami guru pembimbing, kurang lebih dua puluh mrnit, beberapa peserta menampilkan review hasil membaca buku. Peserta yang lain menyimak dengan tertib serta di antaranya ada juga yang bertanya tentang review yang dikemukakan. Tak ketinggalan, kami pun dari pembimbing menyampaikan review buku.

Tak sampai di situ, kegiatan berikutnya adalah hal yang paling menakjubkan. Kami menyusur Guha Pawon dengan berjalan di anak tangga yang agak licin. Masuk ke dalam guha setelah menyusur tangga ada sedikit lapangan terbuka dan situs msnusia purba. Kami diberi arahan oleh pemandu yang sengaja menjadi gaid kami saat itu. Dengan antusias peserta mencatat apa yang disampaikan pemandu.

Tak hanya itu, apa yang terjadi. Eeh, ada kera bergentayangan, betul juga dari awal diberi tahu bakal ada kera gentangan. Waaw, saya sempat difoto dengannya walau agak sedikit miris, ukh! Takut! Pembimbing dan peserta lain pun ada yang mencoba difoto dengan binatang lucu ini.

Kurang lebih tiga jam kami di Guha Pawon, pukul 11.00 saat itu, kami pun pulang. Dua angkot dengan 24 penumoang lumayan juga oenuh muatan. Perjalanan Cipatat-Cililin dan sebaliknya, di Literasi wisata TMBB 2018 sungguh membekas. Entah anak-anak peserta TMBB sudah di manakah Kalian? Moga Kalian tambah literat dan tambah hebat. Barokalloh!

Cihampelas, ketika kubuka FB 4 Desember 2022. Reportase, memoar 4 tahun lalu

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post