Noer Hamid S Ag Pd SH MM

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Uang titik Acu

Uang titik Acu

Nasionalisme-religius pasca reformasi

Secara umum nasionalisme religius menginginkan terbangunnya simbolsimbol Islam dalam wilayah kenegaraan seperti negara Islam, konstitusi Islam struktur dan infrastruktur politik Islam dan sebagainya. Meskipun karakter perjuangannya ada yang radikal dan moderat. Di Indonesia nasionalisme religius mengalami pergeseran paradigma (shifting paradigm) dari masa awal kemerdekaan sampai pada pasca Reformasi. Pada masa awal kemerdekaan nasionalisme religius masih melakukan upaya penerapan ajaran dalam wilayah negara, selanjutnya berujung pada konfrontasi dan dialogis dalam perjuanganya, memasuki masa orde baru nasionalisme religius hanya dijadikan quot;kotak politik quot; oleh penguasa orde baru yang didalamnya hanya ada pancasila. Hal ini disebabkan karena adanya depolitisasi islam yang dilakukan orde baru. Upaya pemerintah orde baru tersebut, selanjutnya ditanggapi oleh tokoh nasionalis religius dengan menggelindingkan politik akomodasi terhadap negara, memasuki era reformasi dan pasca reformasi nasionalisme religius bergeser seratus delapan puluh derajat akibat adanya kebebasan pada semua aspek. Akibatnya Munculnya nasionalisme religius era awal kemerdekaan yang mengingkan adanya penerapan simbol-simbol islam dalam negara ini didasarkan adanya upaya untuk menerapkan Piagam Jakarta, selanjutnya memasuki pasca reformasi nasionalisme religius tidak lagi menginginkan termanifestasinya simbol-simbol dalam negara tapi nasionalisme religius menjadi komoditas politik, ini bisa dibuktikan dengan makin maraknya pengagamaan dalam politik, seperti muncul partai yang memakai jargon nasionalis religius padahal secara pinsipil tidak berlatar belakang religius,pada pemilhan presiden 2004 nasionalis religius juga dijadikan komoditas untuk mendapat dukungan bagi para pemilih. Oleh karena itu dalam skripsi ini akan dijelaskan pergeseran paradigma dan konsep nasionalisme religius era dan pasca reformasi. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bertujuan untuk menganalisa konsep nasionalisme religius era dan pasca reformasi, sehingga penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan pendekatan historis dan menggunakan metode analisis data kualitatif, sehingga nantinya diharapkan dapat menganalisa dengan jelas konsep nasionalisme religius era dan pasca reformasi dengan teknik pengumpulan data melalui penelaahan terhadap bahan-bahan pustaka yang berkaitaan dengan permasalahan yang dimaksud. Pada hasil penelitian, penyusun mengambil kesimpulan bahwa secara umum orientasi dasar perjuangan dari nasionalisme religius adalah terbangunnya simbol-simbol Islam dalam wilayah kenegaraan seperti Negara Islam, konstitusi Islam struktur dan infrastruktur politik Islam. Akan tetapi memasuki dan pasca Reformasi Nasionalisme Religius hanya dijadikan komoditas politik untuk memperoleh kekuasaan (way to power) berhadapan dengan abuse of powwer militer , kami mengharapkan keseiibangan sudut pandang _

Karakter TNI memang keras, tetapi itu bukan untuk kekerasan. Mendidik anggota TNI dilakukan dengan keras dan tegas untuk membentuk sosok prajurit TNI yang tanggap, tanggon, dan trengginas. Dalam membentuk karekter militer tentunya didasarkan pada sasaran pendidikan yang akan dituju, dirumuskan dalam sesanti Tri Sakti Wiratama yang berarti integrasi dari ketiga sifat prajurit yang utama, yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas.

Tanggap,artinya berdaya tangkap dan penalaran yang tinggi dengan memiliki potensi ilmu pengetahuan dan teknologi untuk dapat mengembangkan diri. Tanggon artinya dapat diandalkan, ulet, dan tahan uji dengan memiliki mental yang dilandasi jiwa Pancasila dan UUD 1945, bersemangat juang kebangsaan, berkode etik Sapta Marga, berwatak keprajuritan dan berkepemimpinan TNI.

Trengginas artinya tangkas dalam bertindak dan berolah pikir dengan memiliki kesemaptaan jasmani, daya tahan tinggi dalam menghadapi tugas. Berangkat dari sasaran yang hendak dicapai tersebut, semua proses belajar mengajar berlangsung secara terukur dan terkendali. Sasarannya juga jelas, yaitu mendidik agar para taruna, para siswa atau pelajar yang kelak menjadi anggota TNI memiliki postur tubuh yang gagah, memiliki kepatuhan, kedisiplinan, kuat fisik maupun mental, yang menjadi syarat dalam mendukung pelaksanaan tugas pokoknya.

Karena itu, kekerasan yang dilaksanakan secara terukur dan senantiasa memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan. Memang, pembinaan dan pendidikan fisik dilakukan seperti itu karena tanpa perlakuan yang tegas, keras, dan disiplin, para calon tentara akan banyak berdiskusi, membantah, usul sana-usul sini, yang pada akhirnya latihan tidak akan mencapai sasaran. Pendidikan TNI memang mempersiapkan postur prajurit yang siap setiap saat menghadapi tugas berat dan berpotensi menimbulkan stres tinggi sehingga diperlukan latihan keras.

Sebagaimana dipahami bersama bahwa target dan program yang yang dilakukan oleh TNI sangat jelas. Maka metode yang digunakan pun jelas arahnya. Didasarkan target yang sudah ditetapkan, para pelatih di TNI harus bekerja keras siang malam melakukan pengawasan secara ketat dan disiplin tinggi. Untuk latihan pembentukan fisik agar calon anggota tentara tidak bongkok dan berbadan tegap, maka diterapkan dengan cara menggendong ransel dengan beban seberat 10 kg.

Ransel yang digendong secara terukur akan kuat dilakukan oleh para calon tentara dan akan menarik badannya tegak ke belakang sehingga pada akhirnya kelak ia akan menjadi tentara yang tegap dan tidak bongkok. Tujuannya jelas, menghasilkan para prajurit yang secara fisik tegap. Begitu pula dengan latihan lain, misalnya siang-malam melakukan latihan di lapangan. Hal ini jelas ada maknanya, yakni menguji dan sekaligus membuat agar diri seorang calon tentara menjadi kuat, sehat, dan tangguh.

Kondisi yang diharapkan direalisasikan dalam Lomba Pleton Tangkas yang diadakan setiap tahun. Disitu satuan akan dilihat sampai sejauh mana pembinaannya dalam menggembleng prajuritnya. Lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) yang sering dipertandingkan setiap tahun oleh TNI AD yang mempertandingkan materi lomba Lintas Medan, Samapta, Renang Militer, HTF (How to Find the fighter) dan Menembak Senapan. Dengan materi tersebut semua memakan banyak tenaga dan pikiran. Kondisi tersebut jelas akan dapat membentuk karakter prajurit yang keras tangguh dan disiplin yang tinggi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post