Noor Saidah Ali

Lahir di sebuah kota kecil Kudus, jawa tengah. Pendidikan dari TK sampai MTs ditempuhnya di kota kelahiran. Namun setelah lulus dari MTs Negeri Kudus kemudian h...

Selengkapnya
Navigasi Web
Salawat Penawar Hati                                      (Tantangan Gurusiana hari ke-11)

Salawat Penawar Hati (Tantangan Gurusiana hari ke-11)

Selawat atau salawat adalah bentuk jamak dari salat yang berarti doa.

Ada bermacam-macam salawat. Salah satunya adalah

Salawat" Tibbil Qulub" yang mempunyai manfaat sebagai obat penawar hati agar tenang pikiran. "Thibbil" betasal dari bahasa Arab yang berati "penyembuh" atau "obat" dan "Qulub" yang mempunyai arti "hati".

Salawat ini bisa dibaca dan dilantunkan saat hati gelisah, was-was atau mengalami kegusaran.

Selain itu salawat Tibbil Qulub juga bisa dibaca ketika badan sedang sakit.

Saat ini yang tengah kita rasakan adalah duka dunia sehubungan dengan virus Corona yang telah merenggut beribu nyawa manusia. Berbagai upaya telah dilakukan untuk pencegahan penyebaran virus mematikan tersebut. Baik dilakukan oleh pemerintah maupun pribadi sebagai langkah penyelamatan diri.

Dalam ajaran agama manusia diperintahkan untuk menghadapi problema hidup dengan berikhtiar, berusaha keras mencari solusi untuk mengatasi masalah yang tengah dihadapi dengan diiringi doa yang tentunya tak pernah henti. Dan setelahnya adalah kepasrahan, bertawakkal, berserah diri sepenuhnya atas takdir Ilahi.

Salawat Thibbil Qulub ini diharapkan bisa menjadi doa untuk keselamatan diri termasuk keselamatan dari virus yang tengah melanda bumi ini. Tentunya di samping doa-doa yang lain. Adapun bacaan salawat Thibbil Qulub adalah sebagai berikut

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allohumma Sholli ‘ala sayyidinaa muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa ‘afiyatil abdaani wa syifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim. (https://beritaislam.org.2019/07)

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat dan keluarganya.

Dengan berwasilah salawat kepada Nabi tersebut kita berharap mendapatkan safaatnya, diberikan kesalamatan oleh Allah seperti doa yang telah kita panjatkan untuk kekasih Allah, Muhammad SAW.

Semoga bermanfaat.

Yogya, 190320

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip

20 Mar
Balas

Terimakasih Bunda

20 Mar

Keren

20 Mar
Balas

Terimakasih Pak

20 Mar

oke

19 Mar
Balas

Terimalasih Bund

20 Mar



search

New Post