Nasrul Ngarif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ada Apa Pada Hamzah

Ada Apa Pada Hamzah

Hamzah adalah huruf ke dua puluh sembilan dalam urutan hijaiyah. Dalam ilmu Al-Quran hamzah terbagi menjadi dua, yakni hamzah yang menyatakan bahwa ucapan dalam Bahasa Arab tidak dimulai dengan sukun dan tidak diakhiri dengan harakat. Sehingga berdasarkan kaidah ini, ucapan atau kata dalam Bahasa Arab itu selalu didahului dengan huruf berharakat dan di akhiri dengan huruf yang disukun. Oleh karena itu, tidak mungkin ucapan dalam Bahasa Arab didahului dengan sukun, karena tidak akan mungkin bisa diucapkan. Maka, apabila ada suatu kata yang didahului dengan sukun, akan diberi huruf tambahan yaitu hamzah yang disebut dengan hamzah washal.

Hamzah Washal adalah “hamzah yang terletak di awal kata (hamzah washal berbentuk alif) tidak dibaca jika didahului kata atau huruf lain dan dibaca jika diawali dengan kata tersebut”. disebut sebagai hamzah washal karena hamzah ini adalah hamzah penghubung agar sukun yang terdapat di awal kata bisa diucapkan. Karena tanpa hamzah washal, suatu kata yang didahului sukun tidak akan bisa diucapkan. Sebagaimana yang disebutkan dalam kaidah, yang intinya adalah suatu kata yang didahului sukun tidak akan bisa diucapkan. Oleh karena itu, dibutuhkan huruf tambahan sebagai penghubung, yaitu huruf hamzah yang disebut dengan hamzah washal. Sebagaimana yang sudah disebutkan di awal, bahwa hamzah washal tidak dibaca jika didahului huruf atau kata yang lain. Dan hamzah dibaca jika didahului dengan kata tersebut. Perlu pembaca ketahui adalah hamzah washal tidak diberi harakat pada Mushaf Standar Madinah dan agak sulit membaca hamzah washal karena dibaca dengan harakat yang berbeda-beda.

Selanjutnya hamzah qatha adalah hamzah yang selalu dibaca, baik didahului dengan kata atau huruf lain, maupun dimulai dari kata tersebut. Berbeda dengan hamzah washal yang selalu berada di awal, hamzah qatha bisa terletak di awal, tengah atau akhir dari suatu kata. Terletak di awal kata. Contoh: {أَعْطَيْنَاكَ .Terletak di tengah kata. Contoh: سُئِلَتْ. Terletak di akhir kata. Contoh: يَسْتَهْزِئُ. Itulah hamzah dan seputar hamzah washal dan hamzah qatha. Semoga kita selalu berharakat seperti hamzah. Selalu bermakna (bermanfaat) dalam ibadah dan pekerjaan kita. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kajian yang ok.

01 Nov
Balas

Terima kasih Bapak selamat kembali menjadi juara lomba menulis lagi

01 Nov

sayyid Hamzah

01 Nov
Balas

syukron Ust. Umar

01 Nov



search

New Post