Nasrul Ngarif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Baa Bam Ba Ni Bab

Baa Bam Ba Ni Bab

Aa an ani aa, baa bam bani bab dan seterusnya adalah dua model rumus dasar tata cara membunyikan huruf-huruf hijaiyah atau berlatih membaca Al-quran tingkat paling dasar sebelum belajar tajwid dan limu qiroah. Jika membicarakan pelafalan dalam huruf hijaiyah, pastinya umat muslim tahu apa yang dimaksud "makhorijul huruf hijaiyah". Makhorijul huruf adalah tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf tersebut dibunyikan. Saat membaca Alquran, umat muslim harus membunyikan huruf sesuai dengan makhrojnya. Sebab, jika terjadi suatu kesalahan dalam pelafalan huruf, hal itu bisa menimbulkan arti baru.

            Makhorijul huruf berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata, yaitu makhoorij dan al-huruf. Secara etimologi, makhorijul huruf artinya tempat-tempat keluarnya huruf. Sementara menurut istilah, yang dimaksud dengan makhorijul huruf adalah tempat-tempat atau letak keluarnya huruf-huruf hijaiyah ketika membunyikannya. Bagi orang-orang yang mempelajari ilmu tajwid dan membaca Alquran, makhorijul huruf hijaiyah merupakan materi dasar yang harus dikuasai dengan baik dan benar. Sebab, salah mengucapkan salah satu huruf hijaiyah berarti akan menyebabkan berubahnya makna atau arti di dalam Alquran.

            Belajar memang tidak ada yang instan, semua membutuhkan proses untuk menggapai keberhasilan. Cara membaca Al-quran dengan benar untuk pemula juga membutuhkan semangat yang rajin dan sungguh-sungguh. Ikhtiar dan istiqomah dalam menjaga kebiasaan mengaji setiap hari. Tidak perlu merasa takut dan tidak percaya diri jika masih terbata-bata, Insyaa Allah anda akan menerima pahala yang lebih banyak sebagai hadiah perjuangan di hadapan Allah SWT. Selamat dan semangat mencoba : man jadda wajada (siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan menggapainya).

 

           

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Barakallaah ilmunya Pak Nasrul Ngarif, salam sukses

05 Oct
Balas

Barokalloh Bu Zuyyinah salam literasi

05 Oct

Mantap,... sangat menyerahkan Ustadz. Sukses selalu

05 Oct
Balas

Terima kasih Pak Rochadi sukses untuk Bapak

05 Oct

Mantap,... sangat menyerahkan Ustadz. Sukses selalu

05 Oct
Balas

I luv tajwid

05 Oct
Balas

waiyyakum Ust Umar

05 Oct



search

New Post