Nasrul Ngarif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Rajaban dan Syukuran

Rajaban dan Syukuran

Menurut kalender masehi dan hijriyah insya Allah peringatan Isra Miraj akan jatuh pada besok hari kamis, 08 Februari 2024 atau tepatnya 27 Rajab 1445. Berbagai acara selalu mengiringinya baik yang sifatnya keagamaan, seperti tausiyah, musabaqah atau perlombaan, pembacaan maulid baik dibai ataupun barzanji, atau sekedar syukuran dengan berbagi sebagian rizqi yang ada dengan niat supaya mendapatkan keberkahan dan kebaikan disisi Allah SWT.

Tradisi rajaban menurut sejarah berasal dari kota cirebon yang biasanya berbentuk acara makan bersama keluarga atau warga sekitar kampung. Kebiasaan ini (rajaban) berasal dari bahasa arab bulan rajab, bulan dimana terjadi peristiwa besar yang menjadi ilham umat islam dalam menjalani ibadah, yaitu disyariatkannya shalat wajib lima waktu yang sebelumnya 50 waktu. Hal ini berdasarkan sirah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, dimana waktu itu sedang turun dari Sidratil Muntaha bersama malaikat Jibril dan bertemu dengan nabi Musa yang menyarankan untuk minta dispensasi/keringanan kehadirat Rabb Allah Azza Wajalla dan mendapatkan keringan 10 waktu, lalu Nabi diiringi Jibril sekembali dari Sidratil Muntaha bertemu Musa lagi dan seketika Musa menyarankan untuk minta keringanan kembali karena nanti umatnya berat menjalaninya sehingga akhirnya menjadi lima waktu (subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya) yang kadang masih ada umat islam masih bolong-bolong menjalankannya khususnya di waktu subuh dan isya.

Syukuran adalah ungkapan rasa terima kasih kita karena masih dipertemukan dengan bulan mulia yaitu rajab (salah satu bulan yang Allah Taala mulyakan dari 4 bulan yang tercantum dalam Al-Quran yakni dzulqodah, dzulhijah, Muharram dan rajab) baik dengan memperbanyak ibadah ataupun muamalah di dalamnya seperti berbagi sedekah, infaq dan lain sebagainya. Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma mengatakan bahwa Allah menjadikan mereka bulan-bulan yang suci dan kesuciannya begitu diagungkan, dan menjadikan dosa di dalamnya juga besar, sebagaimana pula Dia menjadikan amal saleh dan balasannya lebih besar. Di bulan ini kita juga disunahkan banyak berdoa seperti doa yang masyhur Allohumma barik lana firojaba wa syabana wa balligna Ramadhan yang artinya Ya Allah berkahilah kehidupan kami di bulan rajab, syaban dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan. Semoga kita semua seperti lantunan doa rajab tadi dan masuk bulan suci Ramadhan dengan sehat dan kemudahan ibadah di dalamnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post