N SUPRIATI

Terlahir sebagai sulung dari lima bersaudara dengan nama pemberian orang tua, N. Supriati, tapi, memiliki nama panggilan Yeti. Dilahirkan pada tanggal 09 Septem...

Selengkapnya
Navigasi Web

KATA DEPAN DARI DAN DARIPADA (Tantangan hari ke-60)

Dalam sebuah media yang terbit hari ini, ada artikel yang bunyinya seperti ini.

Selama masa pandemi dari virus corona, Universitas Indonesian (UI) memutuskan untuk menghentikan kuliah tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh (PPJ). Keputusan ini berlaku sejak Rabu (18/3) hingga semester genap berakhir. Pihak terkait daripada UI lebih lanjut menyampaikan bahwa pedoman pembelajaran jarak jauh akan menjelaskan secara rinci tentang format ini.

Untuk kegiatan dari praktik masih akan tetap dilaksanakan. Namun, tempat-tempat praktik tersebut harus sudah menerapkan upaya pencegahan penularan dari corona. Selain itu, KKN dan praktik di lapangan juga akan ditunda sementara dan diganti dengan metode pembelajaran lain. Seiring dengan itu, maka seluruh mahasiswa yang tingal di asrama dan rumah-rumah kost diminta untuk meninggalkan asrama dan rumah kost-kos untuk segera kembali ke rumah masing-masing. Apabila tidak bisa pulang, mahasiswa daripada kota yang jauh diharapkan menghubungi kampus untuk pemantauan.

Dalam kutipan teks berita tersebut terdapat kata dari dan daripada. Dalam kaidah bahasa Indonesia kedua kata tersebut termasuk golongan kata depan atau preposisi. Yang dimaksud kata depan atau preposisi menurut Wikipedia, merupakan kata yang merangkaikan kata-kata aatau bagian kalimat. Adapun contoh penggunaan kata depan dari yang tepat seperti.

1. Ayah pulang dari Cirebon hari Sabtu lalu. (menunjukkan asal tempat)

2. Ibu Yeti membuat donat dari kentang. (menunjukkan asal bahan)

Kata depan dari yang dianggap tidak tepat seperti dalam kalimat.

1. Ucapan dari Pak Salim terbukti tidak benar.

Seharusnya, kalimat tersebut tidak menggunakan kata depan dari.

Ucapan Pak Salim terbukti tidak benar.

2. Anak dari tetangga saya sudah sembuh.

Sama dengan kalimat nomor 1, seharusnya tidak menggunakan dari. Jadi, yang tepat adalah, Anak tetangga saya sudah sembuh.

3. Ibu Yeti lebih tua dari Ibu Diah.

Seharusnya kata depan yang digunakan dalam kalimat tersebut daripada, karena menunjukkan perbandingan.Jadi, yang betul adalah, Ibu Yeti lebih tua daripada Ibu Diah.

Sedangkan kata depan daripada, digunakan untuk menunjukkan perbandingan suatu benda dengan benda lain atau suatu peristiwa dengan peristiwa lain. Contoh penggunaan yang tepat dalam kalimat.

1. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

2. Mengerjakan suatu tugas bersama-sama lebih cepat daripada mengerjakan tugas sendiri.

Sedangkan penggunaan kata depan daripada di bawah ini tidak tepat.

1. Pemerintah hendaknya memperjuangkan kepentingan daripada rakyat banyak.

Seharusnya kalimat tersebut berbunyi.

Pemerintah hendaknya memperjuangkan kepentingan rakyat banyak. (tanpa daripada)

2. Ucapan daripada orang tua harus dipatuhi.

Seharusnya berbunyi, Ucapan orang tua harus dipatuhi (tanpa kata depan daripada).

Mari kita analisis penggunaan kata depan dari dan daripada dalam kutipan teks berita di atas.

Paragraf satu:

1. Selama masa pandemi dari virus corona, Universitas Indonesian (UI) memutuskan untuk menghentikan kuliah tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh (PPJ).

Seharusnya kalimat tersebut berbunyi,

Selama masa pandemi virus corona, Universitas Indonesian (UI) memutuskan untuk menghentikan kuliah tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran jarak jauh (PPJ). (tanpa dari)

2. Pihak terkait daripada UI lebih lanjut menyampaikan bahwa pedoman pembelajaran jarak jauh akan menjelaskan secara rinci tentang format ini.

Seharusnya kalimat tersebut berbunyi,

Pihak terkait dari UI lebih lanjut menyampaikan bahwa pedoman pembelajaran jarak jauh akan menjelaskan secara rinci tentang format ini. (daripada diganti dengan dari karena menunjukkan asal )

Paragraf Dua

1. Untuk kegiatan dari praktik masih akan tetap dilaksanakan.

Seharusnya kalimat tersebut berbunyi,

Untuk kegiatan praktik masih akan tetap dilaksanakan. (tanpa dari)

2. Namun, tempat-tempat praktik tersebut harus sudah menerapkan upaya pencegahan penularan dari corona.

Seharusnya kalimat tersebut berbunyi

Namun, tempat-tempat praktik tersebut harus sudah menerapkan upaya pencegahan penularan corona. (tanpa dari)

3. Apabila tidak bisa pulang, mahasiswa daripada kota yang jauh diharapkan menghubungi kampus untuk pemantauan.

Seharusnya kalimat tersebut berbunyi,

Apabila tidak bisa pulang, mahasiswa dari kota yang jauh diharapkan menghubungi kampus untuk pemantauan. (kata depan yang tepat adalah dari bukan daripada)

Demikianlah uraian mengenai perbedaan penggunaan kata depan dari dan daripada. Semoga bermanfaat.

(Villa Pamulang, 14 Maret 2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post