N SUPRIATI

Terlahir sebagai sulung dari lima bersaudara dengan nama pemberian orang tua, N. Supriati, tapi, memiliki nama panggilan Yeti. Dilahirkan pada tanggal 09 Septem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perbaiki Pola Makan, Yuk! (Tantangan hari ke-79)

Perbaiki Pola Makan, Yuk! (Tantangan hari ke-79)

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat merupakan hal sangat penting pada masa mewabahnya virus, seperti virus corona yang sudah menjadi pandemi di seluruh dunia saat ini. Imunitas yang kuat bisa mencegah masuknya virus-virus ke dalam tubuh kita. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menjaga pola makan. Hal ini karena kerja sistem imunitas tubuh tergantung pada pola hidup, yang salah satunya adalah pola makan kita setiap hari. Oleh karena itu, mengatur asupan makanan terutama yang kaya nutrisi sangat dianjurkan.

Pola makan yang baik bukan berarti harus memakan makanan yang mahal, melainkan makan dengan gizi seimbang. Menurut pakar nutrisi, untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang efisien adalah menyeimbangkan buah-buahan dengan protein. Bahkan untuk mencegah terjangkitnya virus corona, disarankan untuk memakan makanan yang tinggi protein, seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Nah, ternyata makanan yang dianjurkan, sangat murah meriah, kan?

Pola makan yang dianjurkan tentu saja adalah pola makan yang memiliki gizi seimbang. Apa yang dimaksud pola makan seimbang? Pola makan seimbang adalah pola makan yang sesuai dengan susunan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah harus memerhatikan keanekaragaman atau variasi makanan. Memakan makanan yang itu-itu saja tidak dianjurkan untuk kesehatan.

Apabila kita makan dengan porsi sepiring, maka isi piring makan kita setidaknya kalau diurai komposisinya adalah ½ piring makan merupakan sayuran dan buah-buahan dengan beragam jenis dan warna. Isi yang lain 1/4 piringnya diisi protein, bisa berupa ikan, daging, atau kacang-kacangan, seperti tempe dan tahu. Berikutnya, ¼ piringnya lagi baru diisi dengan karbohidrat dari biji-bijian utuh, bisa nasi, gandum, atau roti dan pasta. Lemaknya bisa diambil dari minyak zaitun, minyak jagung, atau lainnya. Kebutuhan air harus dicukupi paling tidak 2 liter dalam satu hari, bisa juga diambil dari air putih/mineral, air teh, susu, atau jus. Yang harus diingat, dalam memenuhi kebutuhan air ini, hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman mengandung pemanis atau yang mengandung kadar gula tinggi.

Semoga dengan kita mengatur pola makan yang baik dengan gizi seimbang, daya tahan tubuh kita dalam menangkal penyakit termasuk serangan virus corona, semakin kuat. Salam sehat untuk semuanya!

(Villa Pamulang, 02 April 2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

waduuh, kadang gak sempat memperhatikan kalorinya bu,..pokoknya lapar langsung kita serbu..gak terasa,selama beberapa hari ini karantina ini kok berat badan tambah naik, ha..ha., salam

02 Apr
Balas

Aamiin Yaa Robbal'alamiinSetuju Bu, luar biasa tulusan yang full pencerahannyaJazakillahu khairan katsiran meluangkan wakru untuk singgah dan mengapesasi di lapak alakadarnyaSukses selalu, Barokallohu

03 Apr
Balas

Benar Bund.. Kemarin karena kurang minum jadi sakit punggung ku.. Terimakasih inspirasinya

02 Apr
Balas

Tksh bund...dgn tulisannya.Memperbaiki pola mkn tdh hrs yg mahal. Yg penting pola makan yg seimbang gizinya.Jd sehat...

02 Apr
Balas



search

New Post