N SUPRIATI

Terlahir sebagai sulung dari lima bersaudara dengan nama pemberian orang tua, N. Supriati, tapi, memiliki nama panggilan Yeti. Dilahirkan pada tanggal 09 Septem...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sssttt, Virus Corona Juga Punya Kelemahan (Tantangan hari ke-78)

Sssttt, Virus Corona Juga Punya Kelemahan (Tantangan hari ke-78)

Berjuta orang dari seluruh penjuru dunia menjadi korban keganasan virus corona atau covid 19. Virus ini memakan korban dari seluruh lapisan masyarakat, dari rayat jelata sampai keturunan raja, dari orang biasa sampai ponggawa utama garda terdepan para korban, harus mengakui bahayanya virus corona. Karena penyebarannya yang cukup masif, mejadi alasan bagi WHO menetapkan virus corona sebagai pandemi.

Banyak orang panik, hidup dalam ketakutan. Roda ekonomi pun nyaris lumpuh. Hampir semua sektor terdampak virus corona. Pusat-pusat perdagangan tutup. Pabrik-pabrik menghentikan produksinya. Industri manufactur banyak terkena imbas. Bidang usaha jasa pun sama merasakan imbasnya. Bahkan untuk beberapa daerah yang APBD-nya mengandalkan sektor wisata, kini merasakan pahitnya dampak kemunculan corona di Indonesia. Hampir semua orang mengeluh, menjerit, bahkan berteriak, memang kedatangan corona membuat kalang kabut seluruh masyarakat.

Di balik kedigdayaan virus corona ini, ternyata memiliki kelemahan. Sisi kelemahan ini yang perlu kita tahu supaya kita bisa mengantisipasi terpaparnya tubuh kita dari virus berbahaya ini. Menurut drh. Indro Cahyono, seorang ahli virus yang juga dokter hewan, virus covid 19 akan hanyut dengan pelarut lemak, Oleh karena itu, sabun dan berbagai pembersih rumah tangga sangat ampuh menghancurkan virus jenis ini. Kelemahan berikutnya, virus covid 19 tak bisa bertahan lama di suhu panas, untuk iklim di Indonesia, virus itu akan ada di udara kalau di siang hari tidak akan bertahan lebih dari satu menit. Yang terakhir, kelemahan virus corona bisa dinetralkan oleh antibodi. Serangan virus pada tubuh kita akan dikalahkan oleh antibodi tubuh kita sendiri, oleh karena itu, kita harus meningkatkan antibodi tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat dan minum vitamin/suplemen bila diperlukan.

Menerapkan pola hidup sehat sangat berpengaruh pada meningkatkan kerja imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Adapun langkah yang bisa ditempuh yaitu: memperbaiki pola makan kita dengan memperbanyak makan sayur dan buah. Selain pola makan, hal lain yang harus diperhatikan yaitu istirahat cukup dengan ketentuan minimal jam tidur orang dewasa 7-8 jam, sedangkan untuk anak-anak 9-10 jam. Stres juga menjadi penyebab menurunnya imunitas tubuh, oleh karenanya, usahakan hindari stres supaya antibodi kita bekerja maksimal. Hal lain yang sudah banyak diketahui orang bisa mempengaruhi kebugaran, tetapi masih banyak orang yang berat untuk melakukannya, yaitu berolahraga rutin.

Selain menerapkan pola hidup sehat, banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi suplemen bisa meningkatkan imunitas tubuh. Sebetulnya kalau pola makan kita sudah benar, maka suplemen itu tidak diperlukan. Jadi, mengonsumsi vitamin atau suplemen berfungsi untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Demikianlah uraian tentang kelemahan virus corona. Semoga dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan pola hidup sehat, kita akan terhindar dari paparan virus civid 19.

(Villa Pamulang, 01 April 2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih tipsnya bu

02 Apr
Balas

he.he..sekarang yg stress murid dsn ortusis bu..banyak tugas daring membuat keteteran..ha.ha..muti vitamin okay deeh..lengkap..salam bu

01 Apr
Balas

Semoga korona segera sirna. Salam

01 Apr
Balas

Tulisan yang menarik Mbak....

02 Apr
Balas



search

New Post