Nunung Nuraida

Saya adalah guru Bahasa Inggris di SMK al muslim. Sangat menyenangi membaca, khususnya novel, dan sedang menikmati menulis. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Plesiran ke Setu Babakan

Plesiran ke Setu Babakan

Abang mpok, ncang ncing, enyak babeh, lagi pade ngapain? Ngejogrok bae itu romannya! Nyok ah ikut kite plesiran ke Setu Babakan. Kata orang-orang itu tempat rame, banyak yang dateng ke sono. Nyohor banget dah.

Aye emang udah lama penasaran sih ame yang namanya Setu Babakan. Udeh sering denger tapi belon pernah nyaba pisan. Padahal mah aye tinggal di Bekasi, tetanggaan ame Jakarta. Maklumlah kudu ada nyang ngajakin dulu dan ada momen nyang pas dah.

Nah kebetulan nih ye, anak ane yang lelaki mau ikut UTBK Juni 2022 kemaren. Jadinya kite pada survey dah tuh buat ngeliat ruang ujiannya di Kampus FISIP UI Depok. Pulangnya kite mampir dah ke Setu Babakan. Apanan ga jauh ya dari itu kampus.

Kite sampe Babakan sekitar jam 2 siang. Sampe sono alhamdulillah parkiran masih lega. Tapi, udah lumayan banyak mobil dan motor yang parkir. Pas nyampe aye bingung. Apanan kata orang Setu Babakan itu ade danaunya ye. Tapi pas masuk ga keliatan pisan. “Ah ntar kali di dalem ye”, piker aye. Pas turun kite langsung nuju rumah panggung ala Betawi. Tapi bangunannya masih baru, kayaknya abis renovasi deh.

Eh, iya, mau inpo aje nih. Masuk ke Setu Babakan ga bayar, alias gratis. Tapi tetep ga aman sih kantong. Soalnya pas udah masuk ke dalem, baru deh ketemu danaunya. Dan di pinggir danau itu, berjajar tukang jualan yang menunya bikin ngiler. Dari mulai kerak telor (kuliner khas Jakarte), es selendang mayang, ketoprak, toge goreng, mie ayam, bakso, gado-gado, dan masih banyak lagi.

Rasa-rasanye pengen nyicipin semua ntu makanan dan minuman. Apalagi makannya di pinggir danau. Banyak pohonnya jadi adem deh. Meja dan tiker di gelar persis di pinggir danau. Sementara para pedagangnya ada di sebrang jalan buat lalu lalang motor atau sepeda. Mobil mah ga boleh masuk area ya.

Sebelum nyari tempat duduk, kite jalan dulu dah nyari menu. Akhirnya aye ame suami pilih toge goreng. Anak aye pilih ketropak. Nyang kecil, bocah wadon, minta jajan jasuke alias jagung susu keju. Dia mah emang ga resep ame nasi atau lontong. Biarin dah nyang penting ada yang dimakan ye.

Udah beres makan, anak lelaki minta beli kerak telor. Ketoprak ga cukup romannya. Biar ga penasaran beli dah 1 porsi. Kerak telornya gede, gurih, empuk. Enak dah pokoknya. Recommended banget nih kalau ada yang mau beli di sono.

Ga kerasa udah adzan ashar. Kite buru-buru dah nyari musholla. Sholatnya mesti gentian karena musholla kecil. Abis sholat kite mutusin pulang. Sambil lewat menuju parkiran, kite lihat-lihat lagi rumah-rumah ala Betawi tempo dulu. Kite foto-foto dah mumpung lagi di sono.

Akhirnya, kesampean juga ye nyaba Setu Babakan. Ini warisan budaya Betawi yang mesti kite lestariin. Jadi kite bisa kenal deh tuh rumah-rumah Betawi jaman dulu sambal menikmati kuliner khas Betawi. Sebenarnya ada tempat buat nampilin keseniannya, tapi pas aye berkunjung, ga ada yang ditampilin. Semoga lain kali berkunjung bisa ada tampilan seni budaya Betawinya ya.

Nyok ah, maen ke Jakarte!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren ulasannya

22 Oct
Balas

thank you for reading bu

30 Oct

thank you for reading bu

30 Oct



search

New Post