NUNUNGNUR, M.Pd - GURU TATA BOGA

Guru Tata Boga di SMKN 2 Subang Propinsi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Buah Langka itu Kecapi

Buah Langka itu Kecapi

Ada yang baru tahu nama buah ini apa namanya?ya…nama buah ini adalah kecapi, untuk saat ini buah tersebut jarang kita temukan apalagi di perkotaan bahkan di pasar tradisional pun sudah sangat jarang kita temukan. Menandakan bahwa buah ini termasuk ke dalam buah langka.

Anak-anak generasi milenial pun tidak tahu apa nama buah ini bahkan mereka baru pertama kali melihat buah ini. Buah Kecapi atau Sentul (Bahasa sunda) bentuknya bulat berwarna kuning yang menandakan sudah matang, di dalamnya terdapat beberapa biji yang keras dan sedikit berbulu, ada biji yang besar dan ada yang kecil. Untuk biji yang besar jangan ditelan setelah dikunyah sebaiknya dibuang saja tetapi jika bijinya kecil biasanya bisa ditelan. Rasanya manis sedikit kecut, biasanya digunakan untuk manisan, rujak atau marmalade. Buah ini memang banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, pohonnya tinggi dan banyak ditemukan di kebun. Adapun manfaat dari kecapi ini adalah menurunkan kolesterol jahat, mencegah diabetes, mengatasi masalah sembelit, meningkatkan kekebalan tubuh, dll.

Ada hal yang menarik dari kecapi ini yakni saat mau dimakan biasanya kecapi ini dijepit di sela-sela engsel pintu supaya mudah dibuka nya lalu otomatis akan terbuka buahnya dan leepp makan dan emut bijinya, kalau rasanya manis daging dari buah nya bisa dimakan.

Supaya generasi millenial ini bisa merasakan bagaimana kecapi, saya pun mengajak mereka untuk mencoba dan respon mereka beraneka ragam, mereka bilang manis, enak, asam, aneh. Saya pun bercerita pada mereka bahwa kecapi ini saya makan di saat masih SD dan saat saya makan kecapi serasa mengenang masa kecil saya.

Ayo siapa yang mau mencoba buah kecapi?atau ada hal menarik saat makan kecapi ini ?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Buah kecapi buah langkaRajin mengaji dapat pahalaHehe.....

31 Oct
Balas

hehehe terimakasih Bu Zuyyinah sudah mampir, salam literasi ya Bu

31 Oct



search

New Post