Nur'ainun Ritonga

Nur'ainun Ritonga putri dari pasangan Nurli Ritonga dan Naski Tanjung. Lahir di Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 12 September 1991. Menikah dengan Samsu...

Selengkapnya
Navigasi Web
Hubungan Kata 'Walad' dan 'Walid'.

Hubungan Kata 'Walad' dan 'Walid'.

Anak dalam bahasa Arab di sebut ولد waladun (anak laki laki)، sedangkan والد (Walidun) berarti "Ayah" dan والدة (Walidah) diartikan dengan "Ibu", karena dengan adanya والد (Walid) dan والدة (Walidah), menjadi perantara (Dengan izin Allah) ولد Wulida (Dilahirkan) nya ولد (Walad) seorang "Anak".

Bahasa Arab dengan kekayaan kosa katanya (Mufrodat) didapati juga kata أب (Abun) yang juga berarti "Ayah" dan أم (Ummun) berarti"Ibu". Namun, ada perbedaan arti dengan kata والد (Walid) dan والدة (Walidah). Jika و الد (Walidun) sebutan untuk ayah biologis, demikian juga والدة (Walidah) panggilan untuk ibu biologis, berbeda dengan kata أب (Abun) dan أم (Ummun), digunakan bukan hanya mengandung makna "Ayah secara biologis dan Ibu secara bilogis" saja, tetapi juga bisa dipakai untuk Paman, kakek ataupun guru atau seorang lelaki yang berperan sebagai ayah dan ibu yang memelihara, menjaga, memberi kasih sayang, pendidikan kepada seorang anak.

Jika ada seseorang yang memelihara banyak anak yatim, makan seseorang tersebut digelar dengan "Abu Al Yatama" yang berarti ayah untuk anak-anak yatim, dikarenakan seseorang tersebut memelihara,menafkahi dan menjaga para anak yatim tersebut.

Demikian juga kata أم (Ummun), dalam satu konteks didapati kalimat "Ummul Qura", diartikan sebagai ibu kota/induk/pusatnya untuk negeri sekitarnya atau dalam konteks lain bisa juga digunakan untuk seorang ibu yang memberi kasih sayang kepada seorang anak, menjaga, membesarkan layaknya sebagai seorang ibu.

Intinya kata والد bermakna sempit atau khusus, sedangkan أب bermakna luas atau umum, boleh juga dipakai untuk ayah biologis tapi bisa juga dipakai untuk ayah non biologis.

Dalam setiap pernikahan, anak adalah impian, sebab naluri seorang perempuan yang telah menikah ingin menjadi seorang "Ibu", demikian juga seorang laki laki yang telah menikah menginginkan suara bayi mungil memanggilnya " Ayah", ya hadirnya seorang anak yang memanggil mereka berdua dengan sebutan "Ibu dan Ayah".

Teruntuk semua والد (Ayah) dan والدة (Ibu)!

Mudah mudahan mendapatkan doa anak yang shaleh di hari yang terputus semua amalamnya kecuali tiga perkara, yaitu Shadaqah Jariyah, ilmu yang bermanfaat yang diajarkan kepada orang lain dan do'a anak yang shaleh yang mendoakan orangtuanya.

Jika saat ini kita belum menjadi seorang Walid dan Walidah, maka kita bisa menjadi Abun dan Ummun untuk anak didik dan anak anak yang ada di sekitar kita." Hidup pada hakikatnya menunggu, yuk bersabar dalam menunggu".❤️

أهنئكم بمناسبة اليوم العالمي للطفل

كل عام والأطفال بسلام

(Selamat memperingati HARI ANAK NASIONAL)

Nur'ainun Ritonga

STAIN Mandailing Natal,

07 Agustus 2023.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post