Nur'ainun Ritonga

Nur'ainun Ritonga putri dari pasangan Nurli Ritonga dan Naski Tanjung. Lahir di Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara, 12 September 1991. Menikah dengan Samsu...

Selengkapnya
Navigasi Web
W I R I D A N

W I R I D A N

Wirid berasal dari kata Warada-Yaridu-Wurudan (ورد-يرد -ورودا) yang bermakna datang, tiba, disebutkan, dinyatakan, dikatakan dan dilaporkan.

Istilah "Wirid" atau "Wiridan" diartikan dengan amalan rutin seseorang baik berupa bacaan dzikir, shalat, membaca Al Qur'an dll. Namun, istilah wiridan mengacu pada bacaan dzikir yang terus menerus diamalkan, demikian wiridan pekanan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat secara bersama -sama dengan membaca surah yasin, tahlil dan takhtim serta kalimat Thayyibah lainnya yang dilaksanakan terus menerus setiap pekan atau bulannya.

Kata Wirid seakar dengan kata Wardah (وردة) yang berarti "Bunga Mawar". Jika Wirid dan Wardah (وردة ) dihubungkan, mungkinkah Wirid itu seperti Bunga mawar yang indah dan menghadirkan bau harum bagi orang yang mengamalkan Wirid tersebut?

Dengan kata lain, wiridan pekanan/bulanan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat bukan sekedar memenuhi kebutuhan spritual pada pribadi masing-masing, kegiatan ini juga menghadirkan banyak kebermanfaatan bagi sesama, menjadi ajang silaturrahmi serta moment untuk saling berbagi informasi dan rezeki. Jadi, selain "Ngisi" asupan rohani, juga "Ngasi" makan Jasmani.

Siabu, 06 Agustus 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Istiqamah wiridan.

06 Aug
Balas

Siip ulasannya, Bu. Salam bahagia.

06 Aug
Balas

Terimakasih ibu Rahayu

09 Aug

Aamiin. Salam kenal dari Medan Bunda..

06 Aug
Balas



search

New Post