nur aliyah

NUR ALIYAH , DILAHIRKAN DI REMBANG, 19 APRIL 1972 ALAMAT : POMO RT 1 / RW 17 AMPEL WULUHAN JEMBER INSTANSI : MTSN 7 JEMBER JATIM KEPALA MADARSAH TETAP...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyibak Khasanah Membaca
Gambar google

Menyibak Khasanah Membaca

Menyibak Khasanah Membaca

Banyak fenomena yang terjadi baik di kawasan pendidikan, masyarakat dihadapkan pada kasus rendahnya minat baca. Kebanyakan banyak orang memilih mendengar dari pada membaca langsung. Inilah realita yang terjadi. Karena mereka beranggapan bahwa dengan mendengar penjelasan dari orang lain mereka yang membaca, sedangkan kita yang mendengar langsung bisa tahu apa yang sebenarnya terjadi tanpa harus membaca.

Sungguh sangat memprihatinkan. Padahal dengan kita membaca banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Diantaranya melatih otak kita untuk senantiasa bekerja. Karena dengan membaca reflek dari organ mata langsung diteruskan ke otak untuk diterjemahkan apa yang sudah kita lihat lewat mata. Otak senantiasa bekerja , dan akan terlatih. Beda jika jika tidak pernah membaca, maka otak akan tidak terbiasa bekerja akhirnya akhirnya malas dan bisa menjadi lemot karena tidak pernah kita perdayakan.

Manfaat membaca yang kedua bisa memperluas wawasan Cakrawala pengetahuan keilmuan. Banyak.orang tidak pernah mengetahui manfaat membaca sehingga mereka menyepelekan. Selain itu embaca akan meningkatkan kosakata. Kita dapat belajar bagaimana mengira suatu makna dari sutau kata(yang belum kita ketahui) dengan membaca konteks dari kata-kata lainnya di sebuah kalimat.Manfaat lain membaca akan dapat mngetahui informasi yang teraktual, dan mendapatkan motivasi baru.

Selain itu dengan kita membaca buku bisa membantu mengubah masa depan, bahkan dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran manusia. Sehingga tanpa disadari kegunaan buku ini akan memberi banyak inspirasi bagi manusia. Namun, sangat disayangkan karena kebiasaan membaca buku belakangan ini sudah mulai mulai menurun bahkan sudah mulai banyak yang ditinggalkan. Ada bernlbagai alasan buku mulai ditinggalkan karena kesibukan seseorang dengan kegiatannya, semakin berkembangnya internet dan teknologi yang semakin mudah untuk mengakses informasi dan lain sebagainya. Hal yang paling penting dari manfaat membaca dapat mengurangi stress karena selain mampu menstimulasi otak dan mental , dengan membaca buku dapat menekan perkembangan hormon stress.

Ayo sempatkan waktu sekitar beberapa menit saja untuk menekan perkembangan hormon stress. Dengan membaca , maka dapat membuat pikiran seseorang pikiran lebih santai dan rileks sehingga masalah stress. Selain dapat merelaksasi, kegunaan buku juga dapat membuat seseorang merasa tenang dan damai. Dengan membaca semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka.kita akan lebih siap menghadapi berbagai ha.yang terjadi di dunia ini, baik saat ini maupun dimasa yang akan datang. Oleh sebab itu , membaca buku sangat penting sekali tak hanya sebagai ilmu pengetahuan tetapi juga sebagai sumber inspirasi.

Berbagai informasi maupun ide yang tertuang didalam sebuah buku yang kita baca di kemudian hari dapat membantu kita untuk membuka jalan pikiran tentang bagaimana pikiran tentang bagaimana lebih bisa mengenal dunia dan seisinya serta mendapat berbagai pemahaman yang lebih dari yang sudah diketahui sebelumnya. Kebiasaan membaca buku.akan mempengaruhi setiap memori dan membantu otak untuk ditempa semakin kuat. Sehingga jika dengan banyak kegiatan membaca buku dapat membuat seseorang lebih mudah mengingat suatu hal daripada yang tidak pernah membaca buku.

Dengan terbiasa membaca buku akanbuat seseorang mampu lebih dalam mengidentifikasi karakter, masalah, pengalaman , dan berbagai peristiwa yanh seolah-olah sedang kita hadapi saat membaca buku. Nantinya akan menjadi bekal yang kuat untuk mencapai tujuan hidup seseorang dan mengambil tindakan.

Profil Penulis

Nur Aliyah, S.Pd. M.Pd, adalah perempuan yang lahir di Kabupaten Rembang pada tanggal 19 April 1972. Dia adalah anak ke – 6 dari 7 bersaudara sekaligus ibu dari ke dua orang laki – laki dan perempuan.

Pendidikan S1 diperolehnya di Universitas Muhammadiyah Malang FKIP Jurusan MIPA ( Biologi ) angkatan 1990 dan lulus tahun 1994. Pendidikan S2 ditempuh di Universitas Adibuana Surabaya Jurusan Teknologi Pembelajaran ( TEP ) lulus tahun 2011.

Base Practise yang sudah ditulis : SDM Unggul Di MTsN 7 Jember Melalui Kegiatan” MYRES”. Proceeding The 1 Symposium on Education ISOE 2021 ( Lolos lomba seleksi Nasional judul buku : solusi Pembelajaran di masa Pandemi.

Karya Buku ISBN yang pernah ditulis : (1). Si Bawang Putih Merajut Asa dan Meraih Mimpi (2). Momen – Momen Indah di Rumah. ( 3). Dinamika Perjalan Kepala Madrasah. ( 4 ). Kupenuhi Panggilan Mu. (5) Dari Pledoi Hingga Ajal Menjemput . ( 6 ). Di Rumah Aja. ( 7). Rona- Rona Kisah Di Masa Pandemi Covid- 19 .(8). Colourfu Romadhan ( menang lomba menulis ). (9). Literasi Masyarakat ( menang lomba menulis ). (10).satu Buku Sejuta Cerita ( menang lomba menulis ). (10). Keluarga Ceria, Keluarga Bahagia ( menang lomba menulis ). ( 11 ). Metode Pembelajaran Guru MIPA ( menang lomba menulis ). (12 ). Refreshing Untuk Healing ( lomba Menulis).

Terbit di majalah Literasi Indonesia : (1). Pembelajaran aktif dimasa pandemic dengan E- learning . ( 2). Mewarisi bakat Sang Ibu Nabila Juara II Tingkat Nasional .

( 3). Revitalisasi MGMP sebagai wadah Peningkatan Kompetensi Guru.

Terbit di majalah Fatonah Kemenag : (1). Limfosit Sang Pahlawan (Majalah). (2). Tips Agar Tidak Terkena Flu di Kantor. (9). Menyibak Hari Ibu Renungan Besarnya Jasa Ibu. (10). Islam memuliakan wanita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post