nur aliyah

NUR ALIYAH , DILAHIRKAN DI REMBANG, 19 APRIL 1972 ALAMAT : POMO RT 1 / RW 17 AMPEL WULUHAN JEMBER INSTANSI : MTSN 7 JEMBER JATIM KEPALA MADARSAH TETAP...

Selengkapnya
Navigasi Web
Riset Sains dan Humaniora ke Puslit Kopi dan Kakao Renteng Jember

Riset Sains dan Humaniora ke Puslit Kopi dan Kakao Renteng Jember

Memory, 10 Juni 2022

Riset Sains dan Humaniora ke Puslit Kopi dan Kakao Renteng Jember

Agenda hari kedua untuk terjun ke penelitian menghadapi lomba MYRES. Agenda hari pertama penelitian bidang Agama. Pada tanggal 9 Juni kemarin ada tiga tempat yang dikunjungi. Tempat pertama ke kampung Zakat di daerah Sumber Jambe Jember. Hari kedua terjun ke penelitian bidang Sains dan Humaniora. Peserta pelatihan sejumlah 35 orang terdiri dari 21 siswa dan 14 guru pembimbing dan panitia. Transportasi menuju ke pusat Penelitian menggunakan 6 mobil. Semua peserta berangkat pukul 08.00 WIB. Untuk bidang sains dan humaniora tim riset memilih tempat di pusat penelitian kopi dan kakao di Kebun Renteng Jember. Salah satu pusat penelitian yng merupakan lembaga riset internasional yang berada di Jember. Tujuan dari kunjungan ke tempat ini adalah dengan di berikan materi tentang pengolahan dan pemasaran hasil produksi kopi dan kakao para guru pembina dan siswa mendapatkan gagasan atau ide tentang penelitian yang akan dilakukan. Yang kedua meningkatkan SDM untuk melakukan kreativitas dan inovasi. Sehingga tujuan dari tujuan madrasah untuk meningkatkan mutu Madrasah akan terwujud. Selain itu siswa dapat mengembangkan ide - ide untuk penelitian dari penjelasan Nara sumber. Acara dimulai dengan pembukaan atau ceremony. Acara pembukaan dihadiri oleh ketua bidang penelitian di Puslit kopi dan kakao Ibu Fitri , S.P. M. Si dan Nara Sumber Bapak Rizki Wiradinata, S.T. M .Si. Acara dipandu oleh Bapak Fajar dari tim Puslit kopi dan kakao. Dilanjut dengan acara sambutan kepala madrasah dan ibu ketua bidang penelitian. Kemudian acara inti pemaparan materi. Beliau memaparkan mulai dari sejarah Puslit koka , cara pengolahan kopi dan kakao sampai cara pemasarannya. Acara berjalan khidmat, para pembimbing dan para siswa mengikuti dengan seriusnya. Acara berjalan hampir tiga jam untuk pemaparan. Dilanjut dengan agenda kedua cooking class menuju tempat praktek. Diacara cooking class siswa diajak berkeliling menuju tempat produksi. Semua peserta terlihat antusias mengikutinya. Peserta diajak berkeliling setiap STAN produksi dengan dipandu oleh Nara sumber. Ada sekitar 20 stand produksi mulai dari persiapan Sampai produknya. Pada stand terakhir berada di stand percetakan coklat. Semua peserta sebelum masuk diwajibkan memakai kostum yang sudah disediakan seperti pakaian khusus masak / koki . Atasan putih dan bertopi. Asyik sekali. Peserta masuk dibatasi lima orang sekali masuk. Disana peserta memakai kaos plastik tangan. Kemudian menuju percetakan coklat dan dimasukkan ke oven. Pada akhirnya siswa mendapatkan satu coklat satu yang sudah jadi dan siap santap. Suatu kegiatan yang betul - betul.bida dinikmati karena selain melepaskan kepenatan dan mendapatkan edukasi. Mendapatkan ilmu yang tidak didapatkan dari kegiatan manapun. Sangat bermanfaat untuk mendapatkan pengetahuan diluar kegiatan belajar sehari - hari. Kegiatan diakhiri dengan sholat dhuhur berjamaah. Setelah sholat dhuhur kami semua makan siang bersama. Suasana kekeluargaan yang begitu akrab dan kami merasakan kehangatan dan kasih sayang di keluarga MTsN 2 Jember. Ya Allah kami sangat berterima kasih atas segala nikmat dan karunia yang diberikan. Diberikan kesempatan yang begitu luar biasa mendapatkan pengalaman menimba ilmu untuk memperoleh wawasan ilmu. Tepat pukul 14.00 WIB kami menuju mobil untuk pulang kembali ke MTsN 2 Jember. Sampai jumpa dilain waktu dan kesempatan. Sukses untuk tim Riset MTsN 2 Jember. Semangat terus untuk menggapai cita-cita demi madrasah tercinta.

MTsN 2 Jember Sukses Tim Riset MTsN 2 Jember selalu berinovasi Semoga Allah Meridhoi setiap langkah kami. #salam.inovasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post