nur aliyah

NUR ALIYAH , DILAHIRKAN DI REMBANG, 19 APRIL 1972 ALAMAT : POMO RT 1 / RW 17 AMPEL WULUHAN JEMBER INSTANSI : MTSN 7 JEMBER JATIM KEPALA MADARSAH TETAP...

Selengkapnya
Navigasi Web
Semangat Menyongsong Tahun Ajaran Baru Dengan inovasi dan kreasi

Semangat Menyongsong Tahun Ajaran Baru Dengan inovasi dan kreasi

Lomba menulis bulan Agustus 2023

Semangat menyongsong Tahun Ajaran Baru Dengan Penuh Inovasi dan Kreasi

Tak terasa sudah datang lagi tahun ajaran baru bagi dunia pendidikan. Selamat datang tahun ajaran 2023 / 2024. Semakin banyak tantangan bagi dunia pendidikan. Tantangan inilah yang harus kita jawab dengan berbagai inovasi dan kreasi. Bahkan ditahun ajaran baru ini semua sekolah / madrasah sudah diwajibkan untuk mengikuti progran IKM ( Implementasi Kurikulum Merdeka ).

IKM adalah merupakan salah satu program prioritas lintas unit utama di lingkungan Kementerian Pendidikan , Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek) yang melibatkan Badan Struktur Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.

Di MTsN 2 Jember Alhamdulillah sudah merupakan tahun kedua dalam mengikuti program IKM. Karena tahun ajaran 2022/2023 yang lalu MTsN 2 Jember sudah mendapatkan SK untuk melaksanakan IKM ( Implementasi Kurikulum Merdeka).

Banyak hal yang perlu dikaji diantaranya adalah perubahan dari K- 13 ke Kurikulum merdeka.

Sebenarnya kalau kita kaji perubahan kerikulum ini adalah jika dalam kurikulum merdeka adalah sebagai upaya pemulihan pembelajaran. Dimana kurikulum merdeka yang sebelumnya di sebut sebagai kurikulum prototipe ) yang dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang fleksibel ,sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Bahkan disin menekankan pada pembelajaran berbasis projek untuk.mengrmbangkan soft kills dan karakter sesuai profil pemuda pelajar Pancasila.

Pembelajaran kurikulum merdeka juga berfokus pada materi esensial sehingga ada waktu cukup untuk pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.

Disamping itu juga fleksibelitas bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang terdeferensiasi sesuai dengan kemampuan peserta didik untuk melakukan penyesuaian dengan kontek muatan lokal.

Jadi intinya didalam kurikulum merdeka pembelajaran difokuskan untuk siswa lebih diberikan kebebasan dan kemudahan dalam menerima pembelajaran.

Siswa banyak menerima pembelajaran tidak hanya didalam kelas saja tetapi banyak di luar kelas. Ini sudah membuat para siswa lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran atau materi yang disampaikan oleh guru. Karena pembelajaran yang biasanya di dalam kelas dibawa ke suasana baru diluar kelas.

Disini juga siswa diberikan kebebasan untuk bisa sebagai sumber belajar. Tidak hanya guru yang sebagi sumber belajar namun siswa juga dapat berperan sebagai sumber belajar.

Pada jalur mandiri belajar , maka sekolah mempunyai kebebasan dalam kurikulum merdeka pada beberapa bagian serta prinsip kurikulum merdeka yang sesuai dengan himbauan pemerintah.

Kurikulum madrasah mengemban dua amanat besar. Pertama, membekali peserta didik kompetensi, sikap dan keterampilan hidup agar bisa menghadapi tantangan di zamannya. Kedua, mewariskan karakter dan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa agar peran generasi kelak tidak terlepas dari akar budaya, nilai agama, dan nilai luhur bangsa. Untuk menjalankan dua amanat besar tersebut, maka kurikulum harus selalu dinamis, berkembang untuk menjawab tuntutan zaman.

Implementasi kurikulum pada madrasah harus diorientasikan pada efektifitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah. Madrasah harus berani melakukan inovasi, kreasi, serta terobosan dalam mengelola pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif agar guru dan peserta didik semangat dalam pembelajaran. Dengan demikian, guru dan peserta didik mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk berkreasi dan berinovasi dan mengembangkan potensinya secara optimal.

Semangat dan suport yang kuat Kurikulum Merdeka antara lain memberi kewenangan kepada madrasah untuk melakukan pengembangan kurikulum operasional madrasah ( KOM ) sesuai potensi dan sumber dayanya. Selain itu, ada fleksibilitas dalam mengelola kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan dan tuntutan perkembangan zaman. Spirit ini harus ditangkap oleh seluruh warga madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dengan melahirkan kreasi, inovasi, atau terobosan dalam mengelola pendidikan untuk meningkatkan mutu dan daya saing madrasah mewujudkan madrasah yang mandiri dan berprestasi.

Untuk itulah mari kita songsong tahun ajaran baru ini dengan penuh semangat dan suka cita agar hasil dan cita - cita untuk mewujudkan mimpi mencetak generasi yang handal dan profesional bisa tercapai.

Ayo terus jangan berhenti berkreasi dan berinovasi madrasah atau sekolah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu, Salam sukses ya.

09 Aug
Balas



search

New Post