nur aliyah

NUR ALIYAH , DILAHIRKAN DI REMBANG, 19 APRIL 1972 ALAMAT : POMO RT 1 / RW 17 AMPEL WULUHAN JEMBER INSTANSI : MTSN 7 JEMBER JATIM KEPALA MADARSAH TETAP...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sensasi Literasi di MTsN 2 Jember

Sensasi Literasi di MTsN 2 Jember

Sensasi Literasi di MTsN 2 Jember

Semua kesuksesan tidak lepas dari yang namanya niat. Niat yang tulus yang diikuti dengan kemauan dan semangat yang tinggi tiada henti. Semua akan menghasilkan prestasi yang diinginkan. Seperti halnya dalam hal menulis. Semua orang beranggapan bahwa menulis itu dusah dan rumitnya luar biasa. Tapi itu masih mindset dan perlu untuk tindakan sebenarnya. Seperti dalam kisahku yang tidak semua orang percaya begitu saja. Karena dari yang tidak ada bakat, dan tidak ada kemauan sama sekali untuk menulis. Akhirnya menjadi sebuah kebiasaan menulis. Jika sudah terbiasa maka akan menjadi kebutuhan. Kika kita sehari saja tidak nulis rasanya kita punya hutang.inilah kehebatan manfaat menulis. Seperti yang dialami oleh keluarga MTsN 2 Jember dari yang bermula hanya seorang guru saja yang aktif menulis hingga belasan guru dan puluhan siswa. Baik guru dan siswa termotivasi untuk menulis karena lingkungan dan komunitas yang mempunyai kebiasaan untuk menulis sudah mulai terbentuk. Maka dari itu jangan dibanding - bandingkan MTsN 2 Jember dengan yang lain. Progres untuk kegiatan literasi sangat drastis naiknya. Bulan Agustus kemarin ada 22 orang siswa dan 7 orang guru yang menang lomba nulis. Kemudian bulan September kemarin ada 47 siswa dan 12 orang guru yang menang lomba menulis. Ini bukti bahwa progress yang luar biasa dan bukti bahwa untuk menjadi seorang yang baik dan sukses bisa melalui lingkungan sekitar dan semangat yang luar biasa pada umumnya . Sebagai sekolah yang sudah membuktikan literasinya dikancah Nasional. Bahkan sebagai peringkat satu terbanyak untuk pemenang menulis guru dan siswa dibulan September dan Oktober kemarin. Sudah barang tentu harus bisa mempertahankan prestasi tersebut. Segala daya dan upaya untuk siswa dan guru tetap exis menulis. Kemarin di bulan September mendapat penghargaan pimpinan dari media guru turun langsung ke MTsN 2 Jember dalam acara seminar literasi bersama Eko Prasetyo. Kemudian di bulan Oktober mendapat penghargaan lagi untuk Diklat Sasi Sabu dan sagu sabu di MTsn 2 Jember dengan nara sumber Mas Dr. Syaiful , M.Pd. dan Dr. Febri dari Bondowoso. Pada acara ini siswa MTsN 2 Jember yang diikutkan Diklat sebanyak 115 siswa. Siswa yang dipilih adalah siswa dari kelas unggulan sebanyak dua kelas, dari kelas reguler masing - masing 2 siswa. Harapannya siswa bisa menyelesaikan menulis menjadi sebuah buku dari siswa menghasilkan karya satu buku. Itu sudah luar biasa. Dan hasil dari Diklat anak - anak semakin gemar untuk menulis. Sehingga literasi di MTsN 2 Jember semakin hari semakin meningkat dan berkembang. Tidak hanya siswa gurunya pun ada 15 orang guru yang ikut diklat kilat sagu sabu. Sehingga nanti ada 15 judul buku hasil dari sagu sabu. Luar biasa dan tidak bisa dibandingkan dengan yang lain. Itu semua karena semangat dari semua komponen yang ada di MTs N 2 Jember dari kepala, guru, dan siswanya. Selain itu juga dukungan orang tua yang memberikan sinergi dan kekuatan dalam hal ini. Tanpa dukungan dari orang tua maka semua ini tidak akam terwujud. Ucapan terimakasih kepada media guru yang sudah banyak memberikan fasilitas dan motivasi kepada madrasah kami. Terimakasih kepada semua tim dari media guru yang sudah memberikan suport yang luar biasa kepada guru dan siswa kami. Dengan sinergi yang terjalin baik ini literasi akan semakin berkurang di lingkungan lembaga khususnya dan semua lini pada umumnya Media guru Is the best. I love you Media Guru.

Profil Penulis Nur aliyah, M.Pd, adalah perempuan yang lahir di Kabupaten Rembang pada tanggal 19 April 1972. Dia adalah anak ke – 6 dari 7 bersaudara sekaligus ibu dari ke dua orang laki – laki dan perempuan. Pendidikan S1 diperolehnya di Universitas Muhammadiyah Malang FKIP Jurusan MIPA ( Biologi ) angkatan 1990 dan lulus tahun 1994. Pendidikan S2 ditempuh di Universitas Adibuana Surabaya Jurusan Teknologi Pembelajaran ( TEP ) lulus tahun 2011. Karirnya sebagai pendidik diawali pada tahun 1997 sebagai guru Honorer di SLTP Negeri I Ambulu kabupaten Jember. Pada tahun 1998 diangkat sebagai PNS di MTS Negeri Arjasa ( MTSN 4 Jember) sampai tahun 2005. Kemudian pada bulan April 2005 mutasi ke MTSN Kencong Kabupaten Jember ( MTSN 9 Jember). Base Practise yang sudah ditulis : SDM Unggul Di MTsN 7 Jember Melalui Kegiatan” MYRES”. Proceeding The 1 Symposium on Education ISOE 2021 ( Lolos lomba seleksi Nasional judul buku : solusi Pembelajaran di masa Pandemi. Karya Buku ISBN yang pernah ditulis : (1). Si Bawang Putih Merajut Asa dan Meraih Mimpi (2). Momen – Momen Indah di Rumah. ( 3). Dinamika Perjalan Kepala Madrasah. ( 4 ). Kupenuhi Panggilan Mu. (5) Dari Pledoi Hingga Ajal Menjemput . ( 6 ). Di Rumah Aja. ( 7). Rona- Rona Kisah Di Masa Pandemi Covid- 19 .(8). Colourfu Romadhan ( menang lomba menulis ). (9). Literasi Masyarakat ( menang lomba menulis ). (10).satu Buku Sejuta Cerita ( menang lomba menulis ). (10). Keluarga Ceria, Keluarga Bahagia ( menang lomba menulis ). ( 11 ). Metode Pembelajaran Guru MIPA ( menang lomba menulis ). (12 ). Refreshing Untuk Healing ( lomba Menulis). Terbit di majalah Literasi Indonesia : (1). Pembelajaran aktif dimasa pandemic dengan E- learning . ( 2). Mewarisi bakat Sang Ibu Nabila Juara II Tingkat Nasional . ( 3). Revitalisasi MGMP sebagai wadah Peningkatan Kompetensi Guru. Terbit di majalah Fatonah Kemenag : (1). Limfosit Sang Pahlawan (Majalah). (2). Tips Agar Tidak Terkena Flu di Kantor. (9). Menyibak Hari Ibu Renungan Besarnya Jasa Ibu. (10). Islam memuliakan wanita. Kontak person : 081334320851 Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen ulasannya, Bunda. Salam literasi

15 Oct
Balas

Keren dan luar biasa ulasan dan prestasi semuanya Bu. Dari siswa, guru, dan kepala sekolah telah berkomitmen dan berkolaborasi demi keberhasilan pendidikan umumnya dan kegiatan literasi khususnya. Salam literasi dan sukses selalu.

15 Oct
Balas



search

New Post