Nur Amaliah

Assalamualaikum.. Saya Nur Amaliah, kelahiran Jakarta dan kini tinggal di Bogor. Saat ini saya mengajar di Yayasan Pendidikan Islam Syafa'atus Shola...

Selengkapnya
Navigasi Web

Manfaat Menulis

#tagur2

Manfaat Menulis

Tidak semua orang dapat menuangkan isi pikirannya dengan mengatakan langsung apa yang ada di kepala. Sebagian orang merasa kesulitan dalam menyampaikan ide, gagasan ataupun laporan pekerjaannya dengan bahasa secara langsung. Oleh karenanya, sebagian lain dari kita memilih menulis untuk menuangkan apa yang menjadi ide dan gagasan dalam pikiran kita.

Kemampuan seseorang dalam berbahasa berarti kemampuan yang dituangkan dalam menggunakan Bahasa. Penggunaan Bahasa dapat ditungkan berbagai bentuk, seperti mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Banyak orang memilih menulis untuk menuangkan apa yang ingin disampaikan. Banyak yang mengira bahwa menjadi seorang penulis itu akan menjadi seorang yang introvert, karena lebih asyik dengan dunia menulis. Menyendiri, menyenangi tempat yang sunyi.

Apa itu tanpa alasan….?

Menulis dapat meningkatkan rasa percaya diri. Karena dengan menulis banyak manfaat yang bisa didapatkan. Diantara manfaat menulis adalah :

1. Munculnya ide dan gagasan

Dengan menulis, membuat kreativitas seseorang meningkat. Dalam proses menulis, menemukan banyak ide. Ide yang muncul akan mencetuskan ide baru lainnya untuk ditulis. Seperti ketika akan membuat cerita pendek, maka akan keluarlah penokohan dengan karakter dalam cerita tersebut. Dengan demikian, semakin sering kita mengolah ide tersebut, kreativitas kita pun akan semakin terasah baik dalam penggunaan kata dan pemilihan tema selanjutnya.

2. Tempat menuangkan rasa

Ketika membaca sebuah tulsan kita dapat mengatahui emosi atau perasaan sang penulis. Menulis menajdi salah satu tempat untuk menuangkan emosi kita, baik itu saat sedih, bahagia,kehilangan ataupun mendapatkan penghargaan bahkan saat marah pun bisa menjadi tema sebuah tulisan . Karena, dengan menulis, kita seperti sedang menceritakan perasaan kita kepada orang lain, secara tulisan.

3. Tumbuhnya Rasa Perecaya diri

Setiap orang memiliki kemampuan di dalam dirinya. Namun tidak semua bisa menggunakan kemampuan yang dimiliki bahkan tidak sedikit orang yang merasa tidak percaya dengan kemampuannya. Rasa percaya diri akan semakin terbentuk dalam proses kehidupan yang telah dijalani selama perjalanan hidupnya. Dengan demikian, berbagai macam pengalaman yang terjadi dapat menumbuhkan rasa percaya diri .

Gunakan media tulisan sebagai tempat menuangkan ide kreatifitas, menuangkan perasaan emosi dan menunjukkan kemamouan yang terpendam hingga meningkatnya rasa pecaya diri..

Tajurhalang, 5 Oktober 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post