Nurani Ike

I wanna be what I wanna be...

Selengkapnya
Navigasi Web
Belajar dari Arogansimu, Mbak
canva.com

Belajar dari Arogansimu, Mbak

Kali ini saya ingin menuliskan tentang sifat seseorang yaitu 'arogan'.

aro.gan

⇢ Tesaurus

a sombong; congkak; angkuh a Psi mempunyai perasaan superioritas yang dimanifestasikan dalam sikap suka memaksa atau pongah: di dunia ini ada saja manusia -- dan penuh kepalsuan

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/arogan 11.48 WIB

Arogan yang berati sombong; congkak; angkuh; pongah lengkap sudah semua makna yang saya tampilkan baik secara terminologi maupun secara teori spesialisasi (Di sini teori psikologi).

Arogansi bisa ditunjukkan dari perilaku dan kata-kata. Pagi ini saya belajar dari arogansi seseorang. Saya tidak akan menyebutkannya. Namun, dari judulnya tampak kalau dia itu seorang perempuan kan? Wong panggilannya saja 'mbak' dalam bahasa Jawa artinya 'Kak' (pr.).

Arogansi bisa dilihat dari dua sisi; ucapan (kata-kata) atau tindakan, bahkan mungkin kata-kata dan tindakan. Mengapa ada orang yang arogan. Itu sepertinya sifat dasar. Seseorang yang dibesarkan di lingkungan yang penuh arogansi juga akan menurunkan sifat itu. Namun, bila seseorang tersebut bisa makin belajar dengan EQ dan SQ (ESQ) yang bagus, tentunya semua akan ada perubahan. Cepat atau lambatnya seseorang belajar untuk mengubah sifat arogan ini bergantung pada seberapa pandai dan cerdasnya orang tersebut mengenali dirinya sendiri. Dalam bahasa Jawa ada kata 'nrimo' atau 'menerima'. Menerima apa yang terjadi dan menyimpannya dalam hati, mengolahnya dalam pikiran, dan mengeluarkannya dalam perkataan dan sifat yang bagus.

Arogansi selain sebagai sifat dasar, didukung pula dengan potensi atau kemampuannya. Bisa jadi dia sangat puintar hingga dia arogan. Bisa jadi dia sangat kaya, hingga dia arogan. Namun, agaknya ada hal tersembunyi yang dia tidak ketahui. Sebenarnya dia 'tidak mampu'. Hanya dia tidak tahu.

Mas Eko Prasetyo, penulis 86-an judul buku saja masih 'lembah manah' (rendah hati). Jangan sampai kita yang baru punya ilmu seketek aja sudah begitu arogan. Masih banyak teman dan relasi saya yang punya banyak anugerah yang lebih daripada saya yang berhati mulia. Selalu rendah hati.

Salam hangat (karena siang ini sumuk)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tulisan yang keren, Bu. Mengingatkan agar tidak berkata dan bertindak arogan. Terima kasih, sangat bermanfaat.

27 Sep
Balas

Terima kasih Mbak Ike tulisannya, sangat bermanfaat untuk mengingatkan. Semoga kita dijauhkan dari sifat arogan. Tetap lembah manah , begitu ya Mbak Ike. Barakallah dan sukses selalu Mbak Ike. Salam literasi.

27 Sep
Balas

Inggih Ibu. Sifat yang dimiliki Rasulullah juga para sahabat beliau

27 Sep

arrogant can also be due to the nature of not wanting to be outdone by others, feeling superior to others and all of that is manifested in the form of arrogance

27 Sep
Balas

Saketek sitik ya Mbak Ike hhe

11 Oct
Balas

Tulisan keren Bu. Mari terus belajar dan belajar, kita belum apa-apa...Salam literasi, sukses selalu.

27 Sep
Balas

Inggih Bapak, selalu belajar

27 Sep

Mantap bu sya suka banget pengen terus menulis tapivterlalu sibuk dengan tugas2daring bu

27 Sep
Balas



search

New Post