Nurazizah Deviani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menulis & mempresentasikan Descriptive Text

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

MA Nur Et Taqwa Cikande

Lingkup Pendidikan

Madrasah Aliyah

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menulis dan mempresentasikan Descriptive Text tentang tempat wisata dengan menerapkan media pembelajaran berbasis TPACK dan model pembelajaran PjBL

Penulis

Nurazizah Deviani

Tanggal

5 & 7 November 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini

 

ü Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah

1.     Terdapat peserta didik yang memiliki daya tangkap rendah.

2.     Peserta didik memiliki motivasi yang rendah dalam belajar Bahasa Inggris

3.     Peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah dalam menulis Descriptive Text tentang tempat wisata. Hal tersebut tampak pada kemampuan dasar peserta didik yang masih rendah dalam menulis terhadap materi Descriptive Text tentang tempat wisata

4.     Peserta didik belum terbiasa mempresentasikan hasil karya mereka. Hal ini tampak dalam penampilan peserta didik yang belum percaya diri dan maksimal pada saat mempresentasikan hasil karya mereka.

 

ü Praktik ini pentin guntuk dibagikan, karena:

1.     Proses Pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK

2.     Model Pembelajaran yang digunakan yaitu PjBL, dan menghasilkan karya peserta didik

3.     Berpusat pada student centered

4.     Berbasis HOTS

Hal tersebut dapat memotivasi dan menginspirasi guru lain

 

ü Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai tenaga pendidik yang ingin mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran berbasis TPACK dan model pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, serta sebagai peneliti yang sedang meneliti tentang permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas serta menyelesaikan masalah-masalah khusus pembelajaran yang dihadapi.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

ü Setelah dianalisis, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

1.     Terdapat peserta didik yang memiliki daya tangkap rendah

2.     Terdapat peserta didik yang kurang semangat belajar Bahasa Inggris

3.     Terdapat peserta didik yang belum aktif dalam kegiatan belajar dan berdiskusi

4.     Terdapat peserta didik yang belum percaya diri dan malu untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas

5.     Peserta didik masih menganggap menulis dalam bahasa inggris itu sulit

6.     Guru tidak menggunakan media yang memadai pada saat pembelajaran

7.     Pembelajaran masih monoton

 

ü Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, pendidik, rekan guru dan kepala sekolah.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

ü Langkah-langkah dan strategi yang harus dilakukan oleh guru adalah:

1.    Memilih media pembelajaran yang sesuai, seperti menggunakan media gambar ataupun media pembelajaran berbasis TPACK

2.    Menerapkankan model pembelajaran yang inovatif, seperti PjBL (Project Based Learning) dan berkelompok

ü Proses penerapan langkah dan strategi dalam pembelajaran yaitu:

1.     Guru menampilkan PPT dan video saat pembelajaran

2.     Melaksanakan sintak PjBL

3.     Peserta didik berdiskusi memecahkan masalah secara berkelompok

4.     Peserta didik mempresentasikan hasil karya

5.     Peserta didik mengerjakan latihan soal

ü Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru dan siswa

ü Sumber daya dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan ini adalah

1.     PPT (Berisi bahan ajar dan video pembelajaran)

2.     LKPD (untuk kelompok)

3.     Latihan soal (individu)

4.     Gambar-gambar tempat wisata

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

ü  Dampak dari penggunaan media pembelajaran berbasis TPACK dan model pembelajaran Project Based Learning adalah:

1.     Dapat membuat pemahaman peserta didik lebih baik mengenai materi yang diajarkan

2.     Peserta didik lebih termotivasi terhadap materi yang diajarkan

3.     Peserta didik bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik menyaksikan tayangan video dan PPT

4.     Peserta lebih aktif dalam belajar dan berdiskusi karena peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok untuk memecahkan masalah dan mempresentasikan hasil karya mereka.

ü  Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran sangat efektif karena pemilihan model dan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran.

ü  Dalam proses pembelajaran yang berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, respon dari lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif. ü  Faktor yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berhasil adalah: 1.     Meningkatnya pemahaman peserta didik dalam belajar 2.     Meningkatnya hasil belajar peserta didik 3.     Meningkatnya keaktifan peserta didik dalam belajar, khususnya dan berdiskusi Namun demikian masih ada beberapa peserta didik yang belum aktif dalam kegiatan belajar. ü  Dengan menerapkan Model Project Based learning yang dipadukan dengan video pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik, akan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Bagus Sekali buk Praktiknya bisa menjadi inspirasi kami juga dalam mengajar di kelas. Semangat terus kita para guru untuk berinovasi..

05 Dec
Balas



search

New Post