Nurazizah Deviani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Peran Orang Tua terhadap Pendidikan Anak

BAB I

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan biasanya berawal saat seorang bayi itu dilahirkan dan berlangsung seumur hidup. Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik dan membaca kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum kelahiran. Dalam proses pendidikan peran orang tua memang sangat penting dalam perkembangan dan pendidikan anak., karena bicara tentang pendidikan anak, tentu ini tidak hanya tentang mengajari anak untuk bisa melakukan sesuatu atau memikirkan sesuatu. Pendidikan itu juga termasuk membuat anak menjadi individu yang lebih dewasa dan matang, untuk kehidupannya dalam jangka panjang, seumur hidupnya, bukan hanya ketika di usia sekolah. Artinya, peran orangtua menjadi sangat besar, karena terkait dengan semua aspek perkembangan dan pendidikan anak. Namun, banyak orang tua mengabaikan peran mereka dalam proses mendidik anak. Merek berfikir bahwa peran mereka dapat digantikan oleh guru disekolah ataupun asisten rumah tangga di rumah.

B. Rumusan Masalah

Bagaimana cara orang tua berperan aktif dalam pendidikan anaknya?

C. Tujuan Penilitian

Untuk mengetahui peran orang tua dalam pendidikan anaknya.

BAB II

Pembahasan

Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman. Tumbuh kembangnya karakter anak tergantung pada pola didik orang tuanya. Orang tua pun berperan dalam pendidikan anak jauh lebih lama dari ruang kelas formal seperti, SD, SMP, SMA, dan universitas. Saat ini orang tua semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak. Banyak yang mencapai kesuksesan setelah mereka menginjak usia dewasa dan terjun ke dalam dunia sosial yang sebenarnya. Berikut ini adalah peran orangtua dalam mendidik anak dan cara melakukannya:

1. Memberikan stimulasi untuk perkembangan sosial dan emosional anak

2. Orang tua berperan dalam pelatih anak

3. Mendukung pendidikan anak

4. Membantu anak mengelola emosi

5. Menciptakan suasana belajar yang nyaman untuk anak

6. Memberikan nutrisi

7. Menstabilkan emosional anak

8. Melatih komunikasi pada anak

9. Ajarkan anak tentang kejujuran

10. Peka terhadap kebutuhan anak

11. Hadir di sekolah jika memungkinkan

12. Ajak anak menyukai sekolah

13. Jalan-jalan sambil belajar

14. Awasi aktivitas anak

15. Jadilah panutan

Peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Seperti orang tua yang terlibat di Sekolah Dasar (SD) akan menuai efek positif yang akan berlangsung seumur hidup anak. Jadi tidak hanya peran guru dan lingkungan yang penting tetapi peran orang tua juga memegang peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar anak. Oleh karena itu orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak mereka, melihat potensi dan bakat yang ada pada anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah serta selalu memotivasi anak agar tetap semangat dalam belajar. Para orang tua juga diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang baik dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah.

BAB III

Penutup

Berperan dalam pendidikan anak bukanlah hal yang mudah dan juga bukan hal yang sulit. Banyak hal yang bisa orang tua lakukan, pastinya harus diwalai dengan kemauan dari dalam dirinya. Memaksimalkan peran orang tua dalam mendidik anak akan menjadi suntukan berharga untuk tumbuh kembang anak yang baik

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

10 Dec
Balas



search

New Post