Nurazmi Azis

Penulis adalah seorang guru Bahasa Arab MAN 3 Pesisir Selatan Sumatera Barat. Mulai bergabung dengan Gurusiana bulan Juni 2022...

Selengkapnya
Navigasi Web
Akhlak Ada di Wajah
Gambar dari google

Akhlak Ada di Wajah

Wajah adalah gambaran hati. Apa yang ada di hati akan bisa terbaca lewat wajah. Dengan melihat wajah seseorang kita bisa menilai suasana hatinya seperti sedang sedih, bahagia, marah, cemas dan lainnya.

Teman saya seorang guru pernah bercerita bahwa suatu ketika dia tidak mengikuti upacara bendera. Setelah upacara kepala sekolah melihatnya sedang duduk di kantor. Lalu dengan wajah marah dan emosi dia langsung menegur guru itu dengan kata-kata kasar. Guru itu terkejut diperlakukan seperti itu, karena tidak biasanya kepala sekolah itu berbicara seperti itu kepadanya, sementara dia merasa tidak bersalah karena ketika itu tubuhnya kurang sehat sehingga tidak kuat untuk berdiri lama mengikuti upacara bendera. Akhirnya dia memahami bahwa ternyata kepala sekolah itu sedang memiliki banyak masalah sehingga emosinya tidak terkontrol.

Setiap kita hendaknya menegur seseorang yang bersalah dengan baik, tidak boleh langsung menunjukkan wajah yang menunjukkan marah di depan orang yang kita anggap salah. Bisa jadi dia tidak salah seperti anggapan kita. Kalaupun memang dia bersalah sebaiknya kita tegur dengan wajah dan bahasa yang baik kecuali kalau kesalahan tersebut sudah berulang kali dikerjakannya.

Kadangkala kita perlu menyembunyikan sesuatu yang terasa dihati untuk hal kebaikan.

Diceritakan dalam sejarah bahwa ketika Nabi Muhammad saw sedang berdiskusi dengan pemuka-pemuka Quraisy dengan harapan mereka mau memeluk Islam maka datanglah seorang sahabat yang buta bernama Abdullah bin Ummi Maktum menyela pembicaraan Nabi saw untuk mengajukan beberapa pertanyaan kepada beliau. Sikap Abdullah bin Ummi Maktum memmbuat Rasulullah swt merasa tidak nyaman walaupun Abdullah bin Ummi Maktum tidak bermaksud mengganggu beliau. Tetapi, Nabi saw bermuka masam dan memalingkan muka dari Ibnu Ummi Maktum yang buta itu.

Lalu Allah mengingatkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam agar jangan bermuka masam. Allah Ta'ala menurunkan surat Abasa sebagai teguran atas sikap Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam terhadap Ibnu Ummi Maktum karena yang demikian bukan akhlak yang baik apalagi bagi seorang utusan Allah swt. Demikian seperti disebutkan dalam surat Abasa [80]: 1-2 ‌عَبَسَ وَتَوَلَّىٰٓ (1) أَن جَآءَهُ ٱلۡأَعۡمَىٰ (2) Artinya: “Dia (Muhammad) bermuka masam dan berpaling, karena telah datang seorang buta kepadanya.”

Jika bermuka masam dan memalingkan muka terhadap orang buta saja yang jelas-jelas tidak melihat keberadaan kita dilarang dan dianggap tidak berakhlak, maka bagaimanakah jika kita bermuka masam dan memalingkan muka terhadap orang yang melihat dengan jelas raut wajah kita?

Ayat Alquran tersebut mengajarkan kepada kita bahwa tetaplah tersenyum kepada sesama sekalipun hati kita sedang hancur, karena menampakkan wajah berseri adalah bagian dari kemuliaan akhlak seseorang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kita harus pandai mengelola emosi ya, Bun. Makasih kisahnya, Bunda

10 Feb
Balas

Benar bunda, terimakasih juga atas kunjungannya bunda. Salam sukses

10 Feb

Saya sangat suka tulisan ini... Terimakasih bu... Ya Allah jadikanlah Allahku setampan wajahku... Amiin ya rabb...

09 Feb
Balas

Saya sangat suka tulisan ini... Terimakasih bu... Ya Allah jadikanlah Akhlakku setampan wajahku... Amiin ya rabb...

09 Feb
Balas

Aamiin....ya Allah..., Terimakasih juga telah mampir pak

10 Feb



search

New Post