Nurdalena Lm

Guru SDI Al Azhar 20 Cibubur Bergabung dengan gurusiana.id mulai 23 Oktober 2020. Belajar menulis, berbagi kisah, pengalaman, dan ilmu yang tak seberapa...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis... Sungguh Sebuah Perjuangan

Menulis... Sungguh Sebuah Perjuangan

Akhir tahun 2017, saya dan teman-teman mendapat penawaran untuk menulis buku ajar tematik kelas 4. Meskipun saat itu kami sedang sangat sibuk dengan berbagai kegiatan sekolah, akhirnya tawaran tersebut kami terima dengan optimis, semoga Allah berikan kemudahan. Saya pribadi berfikir bahwa ini adalah kesempatan yang baik, tak boleh dilepaskan begitu saja. Akhirnya kami mulai menekuni hari demi hari untuk menulis. Saat kami sedang proses menulis buku tersebut, kira-kira dua bulan setelahnya, beberapa dari tim kami termasuk saya, mendapat tugas yang sama dari Direktorat Dikdasmen di yayasan kami bekerja. Dan untuk penawaran kedua ini, sifatnya penugasan yang tidak bisa ditolak, harus dilaksanakan.

Melalui berbagai rintangan dan hambatan, akhirnya kedua buku tersebut dapat kami tuntaskan meskipun harus memutar otak hingga sering lembur malam. Alhamdulillah, kini buku ajar yang diterbitkan oleh yayasan telah digunakan di seluruh sekolah-sekolah di bawah naungan yayasan. Yang menarik, buku pertama yang digarap lebih awal, justru membutuhkan proses yang lebih panjang. Setelah selesai proses telaah, layout, dan penambahan ilustrasi, hingga tuntas tampilan cover, ternyata tak cukup sampai tahap ini. Buku kami harus bersaing dengan buku dari penerbit-penerbit lain agar lolos penilaian dari Puskurbuk Kemendikbud. Tahapan penilaiannya pun tak hanya sekali, tetapi dilaksanakan beberapa kali. Dan kami sangat bersyukur, akhirnya buku Tematik Kelas 4, dari Tema 1 - 9 dapat bersaing dengan buku-buku penerbit lain serta lulus penilaian berdasarkan SK Kemendikbud No. 93/P/2019. Dari proses ini kami jadi banyak tau dan banyak belajar.

Berdasarkan surat keputusan Kemendikbud tersebut, buku kami ini telah sah dan layak digunakan di seluruh Indonesia sebagai bahan pembelajaran bagi kelas 4 SD, yang mengacu pada kurikulum 2013. Namun rupanya ujian masih belum usai, saat buku kami siap digunakan oleh siswa-siswi kelas 4 di seluruh Indonesia, wabah corona datang melanda, sehingga pemasaran terhambat karenanya. Kini pemasaran sudah dapat dilakukan melalui toko online. Bagi yang berminat, sekarang sudah bisa melakukan pemesanan. Semoga karya kecil kami ini bisa bermanfaat bagi pendidikan di seluruh Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post