Nur fadillah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Apa saja sih yang menjadi Perbedaan antara karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah?

Apa saja sih yang menjadi Perbedaan antara karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah?

Apa saja sih yang menjadi perbedaan antara karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah?

" Nah! sebelum kita membahas perbedaan keduanya yuk kita ulas terlebih dahulu pengertian dari karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah itu sendiri."

Pengertian karya ilmiah    

   karya ilmiah  adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Adapun ciri-ciri karya tulis ilmiah yaitu:        

Bahasa yang digunakan dalam karya ilmiah adalah bahasa baku yang tercermin dari pilihan kata atau istilah,dan kalimat-kalimat efektif dengan struktur yang baku. Sikap penulis dalam karya ilmiah adalah objektif, yang disampaikan dengan gaya bahasa inpersonal,dengan banyak menggunakan bentuk pasif,tanpa menggunakan kata ganti orang pertama atau kedua. Struktur sajian karya ilmiah sangat ketat,biasanya terdiri dari bagian awal(pendahuluan,bagian inti,dan bagian penutup). Komponen karya ilmiah berfariasi sesuai dengan jenisnya,namun semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka. artikel yang di buat dalam jurnal mempersyaratkan adanya abstrak .                                                                        Adapun macam-macam karya ilmiah yaitu:

             -  Skripsi

             - Tesis

             - Disertasi

          

Pengertian karya tulis non ilmiah

karya tulis non ilmiah adalah karya tulis atau karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat subjektif, tidak didukung fakta umum dan biasanya menggunakan bahasa yang populer atau bahasa yang digunakan sehari-hari.

Adapun ciri-ciri karya tulis non ilmiah yaitu:

1. Ditulis berdasarkan fakta pribadi

2. Fakta yang disimpulkan subjektif

3. Gaya bahasa konotatif dan populer

4. Tidak memuat hipotesis

5. Penyajian dibarengi dengan sejarah

6. Bersifat imajinatif 

7. Situasi di dramatisir

8. Bersifat persuasif

Adapun macam-macam karya non ilmiah yaitu:

- Dongeng

- Novel

- Cerpen

- Drama

- Roman

 

Perbedaan karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah

Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu penelitian (faktual dan objektif), sedangkan karya tulis non ilmiah sangat bervariasi topik dan cara penyajiannya, tetapi isinya tidak didukung fakta umum. Karya ilmiah bersifat metodis dan sistematis sedangkan karya tulis nin ilmiah ditulis berdasarkan fakta pribadi. Dalam pembahasannya tulisan ilmiah menggunakan ragam bahasa ilmiah, sedangkan karya non ilmiah menggunakan bahasa non formal dan populer.

 

     "Nah itulah tadi ulasan mengenai perbedaan karya tulis ilmiah dan karya tulis non ilmiah. semoga dapat bermanfaat bagi pembaca."

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post