Nur Fajrina

Lahir di Jogja, Agustus 1989. Mengajar di SMPN 2 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Baru mulai menulis blog di Gurusiana pada Mei 2020 sebagai pengisi waktu di rumah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Materi Pelatihan Membuat Buku Bahan Ajar

Materi Pelatihan Membuat Buku Bahan Ajar

( #TantanganGurusiana Hari ke 83)

Berikut adalah resume yang saya buat mengenai materi Pelatihan Membuat Buku Bahan Ajar. Pelatihan ini saya ikuti online pada 21-30 April 2020 dengan pemateri Bu Desi Diana, M.Pd. Beliau guru senior SMP di Kabupaten Bogor yang pernah menjuarai Guru Berprestasi Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 (Juara 2).

Materi 1 : Pengertian Bahan Ajar

Buku ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan siswa dalam KBM. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan berupa seperangkat materi yang disusun secara sistematis untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar.

Buku bahan ajar adalah kumpulan bahan ajar yang disatukan menjadi sebuah buku. Buku bahan ajar bisa dibaut sendiri, bisa Bersama sama. Bisa membahas satu maple atau berbagai maple.

Buku teks contohnya buku karya para ahli dibidangnya .Sudah diakui expert di bidangnya di dunia ilmu pengetahuan.

Materi 2 : Jenis-jenis Bahan Ajar

a. Bahan cetak (printed): handout, buku, modul, lembar kerja siswa, (brosur, leaflet, foto/gambar, model/maket).

b. Bahan ajar dengar (audio): kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio. c. Bahan ajar pandang dengar (audio visual): video compact disk, film. d. Bahan ajar multimedia interaktif (interacitive teaching material): Computer Assisted Instruction (CAI), multimedia pembelajaran interaktif.

e. Bahan Ajar Berbasis web (web based learning materials)

Bahan ajar itu adalah materi ajar yang dibukukan dan dibuat menarik dan memudahkan siswa memahami materi

Materi 3 : Manfaat Bahan Ajar

1. Sebagai pedoman bagi dosen yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran

2. Sebagai pedoman bagi mahasiswa dalam aktivitas belajar sekaligus sabagai substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari

3. Sebagai alat evaluasi pencapaian hasil pembelajaran

Materi 4: Cara membuat Bahan Ajar

Langkah-langkah Penyusunan Bahan Ajar

4.1. Analisis Kebutuhan a. Analisis Kurikulum b. Analisis Sumber Belajar c. Analisis Karakter Siswa

4.2. Pemetaan Bahan Ajar a. mengetahui jumlah Bahan Ajar yg harus ditulis b. menentukan sekuensi (urutan) i. Makroproposisi : Konsep-konsep yang verbal (general) ii. Mikroproposisi : Konsep-konsep yang spesifik sbg penjelas dari makroproposisi c. menentukan sifat bahan ajar i. Dependent ii. Independent

4. 3 Membuat Stuktur Bahan Ajar

Sistematika Bahan Ajar: PENDAHULUAN, PENYAJIAN dan PENUTUP

Materi 5: Beberapa Teknik Penyusunan Bahan Ajar

5.1 Pilih 1 KD yang membutuhkan bahan ajar dan kita tertarik dan mampu/ menguasai. atau siswa butuh sekali untuk membantu pemahaman mereka terhadap materi

5.2. Analisis Sumber Belajar: a. Sumber belajar yang akan digunakan sebagai bahan penyusunan bahan ajar perlu dilakukan analisis. b. Analisis dilakukan terhadap ketersediaan, kesesuaian, dan kemudahan dalam memanfaatkannya. Caranya adalah menginventarisasi ketersediaan sumber belajar yang dikaitkan dengan kebutuhan

5.3. Pemilihan dan Penentuan Bahan Ajar: a. Pemilihan dan penentuan bahan ajar dimaksudkan untuk memenuhi salah satu kriteria bahwa bahan ajar harus menarik, dapat membantu siswa untuk mencapai kompetensi. b. Sehingga bahan ajar dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kecocokan dengan KD yang akan diraih oleh peserta didik. c. Jenis dan bentuk bahan ajar ditetapkan atas dasar analisis kurikulum dan analisis sumber bahan sebelumnya.

Materi 6: Analisis Kompetensi Dasar

Analisis KI-KD dilakukan untuk menentukan kompetensi-kompetensi mana yang memerlukan bahan ajar. Dari hasil analisis ini akan dapat diketahui berapa banyak bahan ajar yang harus disiapkan dalam satu semester tertentu dan jenis bahan ajar mana yang dipilih.

Materi 7: Praktek Penyusunan Bahan Ajar

Peserta diminta membuat contoh pendahuluan, penyajian (1 materi) dan penutup. Tugas dikirim ke email narasumber.

Materi 8 : Pembimbingan dan Penyusunan Bahan Ajar Jenis 1

Narasumber memberi feedback via email dan memberikan beberapa contoh tugas peserta untuk dibahas di grup telegram pelatihan ini.

PENDAHULUAN • Deskripsi Singkat, Manfaat dan Relevansi • Rumusan Kompetensi / tujuan pembelajaran • Urutan Bahasan dan Kaitan Materi Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru PENYAJIAN • Uraian materi pelajaran, Contoh, Ilustrasi, Aktivitas belajar, Tugas/Latihan, Tes formatif, Rangkuman PENUTUP • Daftar pustaka, Indeks, glossarium, kunci jawaban

Materi 9 : Pembimbingan dan Penyusunan Bahan Ajar Jenis 2

1. Analisis KD KD berpedoman pada kurikulum terbaru. SeSuaikan dg jenjang mengajar PAUD/SD/SMP/SMA Analisis KD: KD diuraikan menjadi indikator sampai menjadi materi ajar 2. Peta pikiran

Materi 10 :Pengeditan Buku Bahan Ajar

Jadi tuliskan apapun yang bisa menjelaskan bahan ajar yang kita buat. Semakin banyak yang ditulis semakin baik sesuai kebutuhan.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat.

Mari berkarya sampai usia di batas tepi :-)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terimakasih sudah berbagi ilmu.... Semangat dan sukses selalu.

07 Aug
Balas



search

New Post